yTgHrJNGzV02Lg3RjKe6YGboXHd6n74ahZPu0z0D
Bookmark

6 Alasan Memilih Divisi Pendidikan di Organisasi

Divisi pendidikan termasuk salah satu dari divisi yang terdapat dalam organisasi himpunan. Ketika anda mendapat tawaran untuk memilih divisi, dan kebetulan anda ingin bergabung ke divisi pendidikan. Tentu saja harus tahu alasan memilih divisi pendidikan di organisasi. 

Sebetulnya divisi pendidikan cocok sekali bagi anda yang memang senang bergelut dan berkompetisi dalam bidang akademik. Untuk lebih jelasnya, yuk mari kita bahas tentang divisi pendidikan!

6 Alasan Memilih Divisi Pendidikan di Organisasi

Pengertian Divisi Pendidikan

Divisi pendidikan adalah sebuah divisi yang di dalamnya mengurusi berbagai aktivitas yang berhubungan dengan bidang akademi, tujuannya ialah untuk meningkatkan keterampilan dan mengembangkan kemampuan berpikir kritis pada mahasiswa.

Divisi pendidikan sendiri biasanya dibentuk untuk mendorong atau memotivasi mahasiswa lain di satu jurusan agar secara aktif meningkatkan nilai prestasi dan akademik. Contohnya, dalam mendapatkan beasiswa, mengadakan lomba akademik mahasiswa atau dalam meningkatkan IPK.

Peran dari Divisi Pendidikan

Berikut beberapa peran yang dimiliki oleh divisi pendidikan pada sebuah himpunan mahasiswa, antara lain : 

  • Menjadi sarana mengasah tingkat kepekaan dari mahasiswa terhadap beberapa hal yang ada di lingkungan sekitar mereka.
  • Menjadi tempat aspirasi sekaligus menyalurkana spirasi mahasiwa terkait kegiatan di bidang akademik. 
  • Sarana mahasiswa dalam berkompetisi baik secara nasional maupun internasional. 
  • Menjadi sarana pengabdian terhadap masyarakat. 

Apa Saja Alasan Memilih Divisi Pendidikan di Organisasi Kampus?

Jika anda termasuk salah satu orang yang tertarik dengan divisi pendidikan di organisasi kampus, maka penting untuk tahu apa saja alasan memilih divisi pendidikan di organisasi kampus. 

Beberapa diantaranya, sebagai berikut :

Bisa Mengikuti Olimpiade

Nah, anda yang gemar mengikuti olimpiade sains misalnya, dengan masuknya ke divisi pendidikan maka anda bisa mengikuti beberapa olimpiade.

Dengan mengikuti olimpiade ini, tentu anda berkesempatan untuk membawa nama baik kampus di bidang sains. Khususnya bagi yang mengambil jususan sains atau teknik.

Selain itu, mengikuti lomba-lomba atau olimpiade memungkinkan anda untuk menambah banyak pengalaman dalam bidang akademik. 

Hal ini juga bisa anda lampirkan untuk keperluan persyaratan mendapatkan beasiswa atau yang lainnya.

Menambah Teman dan Jaringan

Mewakili kampus atau jurusan sebagai salah satu pengurus di divisi pendidikan tentu saja memberikan peluang untuk menambah banyak teman dan jaringan.

Karena biasanya, kampus mengadakan acara-acara pertemuan dengan universitas lain di jurusan yang sama untuk membahas berbagai hal atau program kerja. 

Dengan demikian, hal ini dapat menambah wawasan dan jaringan pertemanan yang lebih luas lagi di kampus-kampus yang ada di Indonesia. Banyaknya jaringan pertemanan yang anda miliki, tentu akan sangat berguna saat anda mencari pekerjaan suatu saat nanti.

Bisa Dekat dengan Dosen

Siapa sih yang tidak mau akrab dengan dosen? Akrab di sini tentu saja berkaitan dengan diskusi dan tentang hal-hal terkait akademik. Jadi, pengalaman yang anda dapat bukan hanya berasal dari teman mahasiswa saja.

Anda juga bisa banyak belajar dari dosen-dosen. Lantaran biasanya dosen akan mencari beberapa mahasiswa yang cerdas atau pandai dalam bidang akademik. 

Dengan kedekatan yang terjalin, dapat mempermudah akses anda untuk bisa lulus cepat karena anda akan mendapat trik dan tips dari para dosen. Selain itu, anda juga bisa lebih gampang mengakses berbagai lomba. 

Bisa Tambah Uang Saku

Dengan mengikuti perlombaan, atau mungkin anda mengikuti program hibah penelitian para daosen, maka tidak menutup kemungkinan anda akan mendapatkan uang saku. 

Bahkan bisa berpeluang mendapat beasiswa. Dengan hal ini, tentu saja anda bisa menambah uang jajan atau uang saku yang pastinya bisa membanggakan kedua orang tua.

Selalu Diprioritaskan

Biasanya dosen-dosen di dalam jurusan akan memprioritaskan mahasiswa-mahasiswa yang berprestasi. Apalagi jurusan kerap memerlukan data prestasi dari mahasiswa untuk dijadikan syarat akreditasi.

Oleh karena itu, sudah pasti anda akan selalu diprioritaskan oleh jurusan. Teman-teman anda tentunya akan sangat menghargai anda karena terkenal akan prestasi yang dimiliki.

Sharing Ilmu

Alasan memilih divisi pendidikan di organisasi kampus terakhir adalah bisa sharing ilmu. Seminggu sebelum UAS atau UTS biasanya ada sesi berbagi ilmu untuk belajar bareng. Anda akan diminta untuk berbagi dan belajar bersama. Bisa mengajak teman satu angkatana gar mereka juga bisa mendapatkan IPK lebih baik. 

Jadi, selain untuk diri sendiri anda juga bisa berguna bagi orang lain karena bisa membantu teman meningkatkan nilai IPK mereka dengan berbagi ilmu ini. 

Nah, itulah beberapa alasan memilih divisi pendidikan di organisasi kampus. Dengan banyaknya manfaat di atas, tentu jangan ragu lagi memilih divisi pendidikan apalagi jika anda punya bakat dan minat dalam bidang akademik.

Selain Divisi Pendidikan, Ini Divisi Lain Organisasi Kampus

Selain divisi pendidikan, ada pula beberapa divisi lainnya yang biasanya ada di organisasi kampus, antara lain :

Divisi Minat dan Bakat

Nah, di dalam divisi minat dan bakat ini biasanya para mahasiswa yang punya minat dan bakat tertentu akan dikumpulkan. Selain itu, anda juga akan mengurusi kegiatan-kegiatan terkait minat dan bakat di acara kampus. 

Divisi Humas

Divisi humas ini cocok bagi anda yang punya ketertarikan di bidang hubungan masyarakat (humas) atau di bidang personalia.

Divisi humas memiliki banyak cabang dalam program kerja.

Biasanya program kerja divisi humas yaitu mengurus terkait hubungan internal, antar alain membuat event, membuat program organisasi dan lainnya. Tapi selain itu, divisi humas juga mengurusi hubungan eksternal dengan lingkungan masyarakat atau pihak lain. 

Divisi Kewirausahaan

Nah, jika anda berbakat di bidang enterpreneur atau wirausaha, anda bisa menjajal kemampuan anda atau menyalurkannya dengan menjadi divisi kewirausahaan kampus.

Cakupan aktivitasnya biasanya berupa event-event atau kegiatan kampus. Program kerjanya seperti menjual merchandise, berjualan pulsa, atau dengan membangun koperasi kampus. 

Selain divisi di atas sebenarnya masih banyak lagi yang lain, seperti divisi pengkaderan, divisi kerohanian, divisi olahraga dan seni serta yang lainnya. Adanya divisi-divisi ini akan mewadahi aktivitas kampus terkait dengan bidangnya masing-masing.

Kesimpulan

Itulah pembahasan tentang alasan memilih divisi pendidikan di organisasi kampus yang perlu anda ketahui. Apalagi bagi anda yang punya ketertarikan di bidang akademik.

Posting Komentar

Posting Komentar