yTgHrJNGzV02Lg3RjKe6YGboXHd6n74ahZPu0z0D
Bookmark

Apa Kerugian dari Adanya Komunikasi dalam Jaringan? Inilah Jawabannya

Kemunculan internet sebagai media komunikasi memiliki dampak yang sangat besar terhadap kehidupan kita. Internet sangat berperan dalam menciptakan ikatan yang erat dengan teman yang berada jauh dari kita. Di balik dampak positif yang diberikan, banyak yang lupa tentang apa kerugian dari adanya komunikasi dalam jaringan.

Nyatanya dalam hidup ini semuanya selalu memiliki dua sisi baik itu dampak positif ataupun dampak negatif. Dampak positif akan memberikan manfaat yang baik bagi kehidupan manusia. Sementara dampak negatif yang akan dibahas di sini jadikan sebagai pengingat supaya Anda lebih bijak dalam menggunakan internet maupun berkomunikasi dengan media sosial.

Apa Kerugian dari Adanya Komunikasi dalam Jaringan? Inilah Jawabannya

Kerugian Melakukan Komunikasi dengan Internet atau Secara Daring

Kerugian maupun dampak negatif yang akan dibahas di sini berkaitan dengan perkembangan teknologi yang ada. Dampak negatif yang dibahas berkaitan dengan penggunaan internet maupun komunikasi daring.

Berkurangnya kesadaran berbudaya

Dampak negatif yang paling terlihat dan dirasakan oleh para pengguna adalah berkurangnya kesadaran berbudaya. Seperti yang diketahui perkembangan teknologi yang masuk ke negara ini termasuk dalam arus globalisasi yang mengubah segalanya. Baik itu cara pandang dan dianggap dapat mengubah jati diri bangsa apabila tidak digunakan secara bijak.

Hal ini membuat budaya asing dapat dengan mudahnya masuk ke budaya sendiri sehingga mau tak mau hal ini menjadi konsumsi sehari-hari. Terlebih generasi saat ini juga menjadi semakin tidak mengenal budaya asli karena kebanyakan lebih tertarik dan mengadopsi budaya dari luar.

Tidak dapat dipungkiri hal ini dikatakan sangat mempengaruhi sebab lihat saja cara berpakaian atau cara bertindak dan berperilaku yang dilakukan oleh anak-anak generasi sekarang ini. Sebagian besar secara tidak langsung telah mencontoh budaya asing yang sering ditonton. Maka dari itu meski harus beradaptasi dengan perkembangan teknologi yang bergerak cepat perlu dilakukan perhatian supaya teknologi tidak menggerus budaya sendiri.

Berpotensi kehilangan data pribadi atau adanya pemalsuan identitas

Kerugian selanjutnya yang dapat dialami adalah masalah privasi yang sering muncul. Walaupun internet dapat membuat komunikasi berubah menjadi lebih mudah dan cepat. Namun kejahatan yang terjadi juga semakin berkembang.

Dengan mudahnya berkomunikasi dan mendaftar berbagai akun media sosial hingga e-mail membuat para pengguna juga dapat dengan mudahnya membagikan data pribadi yang sangat penting. Hal inilah yang memberikan potensi masyarakat kehilangan data pribadinya karena disalahgunakan oleh orang tak bertanggungjawab. Seperti yang diketahui saat ini sudah banyak sekali kasus-kasus mengenai penipuan ataupun pemalsuan identitas.

Tidak hanya berpengaruh pada informasi pribadi saja yang dicuri namun hal ini dapat menimbulkan kerugian materi yang dapat berjumlah banyak. Maka dari itu meski banyak media sosial yang akan meminta untuk memasukkan data pribadi sebagai data pada sistem. Namun tetap saja Anda harus selalu bijak dalam memberikan data pribadi supaya tidak mengalami kerugian.

Menyita konsentrasi

Seperti yang diketahui dengan melakukan semuanya secara daring hal ini akan semakin mempermudah para pengguna. Pasalnya dalam melakukan daring ini Anda bisa sambil melakukan pekerjaan lainnya. Nyatanya hal ini justru akan menyita konsentrasi hingga dapat membahayakan orang lain ataupun diri sendiri.

Contohnya di masa pandemi kemarin, semua hal dilakukan secara online baik itu sekolah ataupun bekerja. Hal ini sudah menjadi rahasia umum di mana banyak di antara para siswa yang melakukan Zoom apabila off cam dilakukan sambil tiduran. Ada juga para karyawan yang melakukan rapat dengan disambi pekerjaan lainnya dan beberapa contoh kasus lainnya.

Maka dari itu meskipun komunikasi tidak dilakukan secara langsung perlu dilakukan dengan penuh konsentrasi supaya semua proses yang dilakukan dapat berjalan lancar.

Berbasis teks

Apa kerugian dari adanya komunikasi dalam jaringan selanjutnya? Walaupun saat ini teknologi terus berkembang dan menghasilkan berbagai inovasi yang canggih. Namun tetap saja kebanyakan komunikasi yang dilakukan daring dilakukan dalam bentuk tertulis.

Jadi untuk melakukan hal ini Anda mau tak mau harus mengetik percakapan yang akan dikatakan. Sementara bagi yang belum terbiasa dan mungkin tidak ahli dalam menggunakan keyboard cara komunikasi ini dianggap sangat menyusahkan.

Memerlukan peralatan khusus

Selanjutnya untuk melakukan komunikasi ini Anda membutuhkan beberapa peralatan khusus seperti aplikasi penyedia yang ada pada setiap handphone. Bagi pengguna HP baru mungkin sebagian belum tahu bagaimana cara menginstalnya. Hal tersebut karena jika tidak memiliki aplikasi tersebut, komunikasi tidak dapat dilakukan.

Jadi mau tak mau setiap pengguna smartphone harus memiliki beberapa aplikasi penyedia komunikasi. Selain itu tidak semua orang juga memiliki beberapa aplikasi tertentu. Maka dari itu solusi yang diberikan adalah menggunakan aplikasi populer dan paling banyak digunakan oleh pengguna lainnya.

Selain itu untuk dapat berkomunikasi di era sekarang ini, Anda juga membutuhkan jaringan internet baik itu dari Wifi ataupun data seluler. Jadi jika HP tidak tersambung internet maka terpaksa Anda tidak bisa melakukan komunikasi pada orang yang ingin Anda tuju.

Banyak tersebar informasi palsu atau hoax

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa perkembangan teknologi banyak memunculkan kejahatan seperti pemalsuan identitas. Tidak hanya pemalsuan identitas saja ternyata juga rawan terhadap tersebarnya berita palsu atau hoax. Hal ini harus diantisipasi, pasalnya pemberitaan hoax dapat mengakibatkan berbagai dampak buruk yang tidak diinginkan seperti kejahatan ataupun tindakan kriminal.

Itulah beberapa dampak negatif yang dimiliki dari perkembangan teknologi. Kini untuk menjawab pertanyaan apa kerugian dari adanya komunikasi dalam jaringan Anda bisa menyebutkan jawaban di atas. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar

Posting Komentar