yTgHrJNGzV02Lg3RjKe6YGboXHd6n74ahZPu0z0D
Bookmark

Bagaimana Kaitan IPTEK dengan Kemiskinan Serta Ekonomi?

IPTEK atau ilmu pengetahuan dan teknologi memang memiliki kaitan yang sangat besar dalam dunia ekonomi dan juga kemiskinan. IPTEK mampu mengatasi kemiskinan namun juga bisa menjadi alasan kemiskinan apabila manusia tidak mampu memanfaatkannya dengan baik. Berikut kami akan jelaskan bagaimana kaitan IPTEK dengan kemiskinan serta ekonomi pada sebuah negara.

Bagaimana Kaitan IPTEK dengan Kemiskinan Serta Ekonomi?

Kaitan IPTEK dengan Kemiskinan dan Ekonomi

Sebenarnya IPTEK sendiri memiliki kemampuan untuk mengentaskan kemiskinan selama bisa dikuasai dengan baik oleh semua masyarakat. Ada beberapa alasan yang membuat IPTEK menjadi sangat penting untuk menghapuskan kemiskinan tersebut, berikut beberapa di antaranya.

1. Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia

IPTEK sendiri menjadi dasar yang sangat dibutuhkan untuk bisa menjadi bekal bagi masyarakat dalam rangka mengentaskan kemiskinan. Ilmu pengetahuan yang terus berkembang akan mampu membuat manusia bisa berkembang juga kualitasnya untuk mendapatkan ketrampilan. Peningkatan sumber daya manusia sudah pasti akan sangat berpengaruh terhadap angka pengangguran yang akan menurun.

Melalui pendidikan dan juga pelatihan yang didasarkan pada ilmu pengetahuan akan membantu manusia memiliki ketrampilan khusus. Hal ini akan membuka kesempatan mereka untuk bisa bekerja dan pada akhirnya bisa memberantas kemiskinan itu sendiri. IPTEK ini menjadi bekal yang dibutuhkan untuk menghadapi persaingan global baik dalam sisi bisnis atau juga dalam sisi kesempatan untuk bekerja.

2. Meningkatkan Efisiensi dan Produktivitas

Bagaimana kaitan antara IPTEK dengan kemiskinan serta ekonomi? Salah satunya adalah efisiensi dalam penggunaan sumber daya yang ada. Bukan hanya soal pemanfaatan sumber daya saja tapi juga dari sisi proses produksi, proses pekerjaan dan lain sebagainya. Apabila efisiensi ini bisa meningkat maka sudah pasti produktivitas akan meningkat dan bisa memunculkan pendapatan yang lebih besar.

Adanya peralatan teknologi yang canggih untuk peningkatan efisiensi dan produktivitas karena IPTEK yang terus berkembang. Semakin besar keuntungan yang didapatkan juga akan meningkatkan pendapatan dari para pekerja yang sudah pasti bisa membantu menurunkan angka kemiskinan.

Bagi para pencari kerja pun akan memiliki kesempatan yang lebih besar untuk bekerja bila memanfaatkan teknologi. Langkahnya pun akan lebih efektif dan efisien dengan adanya IPTEK yang saat ini terus mengalami kemajuan yang besar. Hal ini menyebabkan pengangguran menurun dan sudah pasti akan berakibat bagi ekonomi dan menurunkan angka kemiskinan.

3. Mengembangkan Pemanfaatan Sumber Daya Alam

IPTEK juga membantu dalam pemanfaatan sumber daya alam, bukan hanya efisiensi tapi juga pengembangan pemanfaatannya. Jadi pemanfaatannya tidak hanya dimanfaatkan begitu saja, akan tetapi di proses lebih lanjut untuk bisa menjadi sumber energi yang baru. Saat ini yang paling populer adalah tenaga listrik, di mana berbagai sumber daya diubah menjadi energi listrik yang bisa diperbarui.

Pengembangan teknologi saat ini memang berfokus pada energi, di mana sebisa mungkin membuat inovasi pada energi tersebut. Energi ini memang merupakan motor untuk berbagai kegiatan termasuk ekonomi yang tentunya akan berpengaruh pada kemiskinan juga. Bagaimana kaitan IPTEK dengan kemiskinan serta ekonomi terlihat jelas dari pemanfaatan sumber daya alam ini.

4. Membuka Peluang Baru

Inovasi terbaru dari IPTEK sebenarnya sangat membantu untuk membuka berbagai macam lapangan kerja yang baru. BANYAK sekali jenis pekerjaan baru saat ini yang berasal dari bisnis jenis baru akibat dari perkembangan IPTEK itu sendiri. Hal ini membuka kesempatan lebih luas bagi masyarakat untuk bisa bekerja atau juga membangun bisnis yang unik dan juga berhasil.

Peluang ini bisa dimanfaatkan untuk mengentaskan kemiskinan pada suatu negara, jadi perlu dimanfaatkan dengan maksimal.

Tantangan yang Muncul dari IPTEK

Selain beberapa keuntungan di atas tentunya ada tantangan yang muncul dari IPTEK untuk bisa mengentaskan kemiskinan. Berikut ini beberapa tantangannya.

1. Pemerataan Pendidikan

Tantangannya adalah pemerataan pendidikan untuk setiap masyarakat untuk bisa memahami ilmu pengetahuan dan teknologi yang terbaru. Bila Ilmunya tidak dikuasai tentu saja tidak akan bisa memanfaatkan dan pada akhirnya justru akan kalah dengan persaingan global. Jadi perlu adanya pemerataan pendidikan IPTEK itu sendiri supaya orang bisa memiliki ketrampilan dan mendapatkan manfaat dari perkembangan IPTEK.

2. Perkembangan IPTEK Itu Sendiri

Bagaimana kaitan antara IPTEK dengan kemiskinan serta ekonomi bisa terasa bila perkembangan dari IPTEK itu sendiri tidak cukup. Perkembangan IPTEK tiap negara berbeda dan tentunya negara perlu bisa mengikuti perkembangan IPTEK dunia untuk bisa bersaing. Teknologi yang berkembang dengan cepat akan menghasilkan SDM yang unggul dan pada akhirnya bisa menghabiskan kemiskinan pada negara tersebut.

Langkah Memanfaatkan IPTEK untuk Mengentaskan Kemiskinan

Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk bisa memanfaatkan IPTEK untuk mengatasi kemiskinan dan meningkatkan ekonomi. Berikut ini beberapa langkahnya.

1. Meningkatkan Akses Informasi

Akses terhadap informasi sangat penting untuk peningkatan sumber daya manusia dan mengembangkan ketrampilan masyarakat. Teknologi internet saat ini sangat membantu dan perlu adanya akses yang lebih baik untuk membantu orang mendapatkan informasi.

2. Pengembangan Inovasi Lokal

Pengembangan inovasi yang dilakukan oleh masyarakat lokal yang mungkin bisa menjadi satu penemuan yang bermanfaat bagi dunia. Mulai dari bantuan dana dan lain sebagainya yang bisa membantu inovasi bisa berkembang menjadi lebih baik dan berdaya guna.

3. Pengembangan Sistem Keuangan

Sistem keuangan juga perlu dikembangkan untuk bisa membantu orang mendapatkan modal atau untuk investasi. Hal ini jelas sangat membantu perkembangan IPTEK dan sumber daya manusia.

Jadi bagaimana kaitan IPTEK dengan kemiskinan serta ekonomi itu sangat besar dan tergantung pemanfaatannya.

Posting Komentar

Posting Komentar