yTgHrJNGzV02Lg3RjKe6YGboXHd6n74ahZPu0z0D
Bookmark

Di Bidang Sosial Budaya Pengaruh Revolusi Teknologi Terlihat dari?

Di bidang sosial budaya pengaruh revolusi teknologi terlihat dari beberapa segi dan salah satunya cara berkomunikasi. Supaya kegiatan masyarakat semakin cepat dan praktis salah satu caranya adalah mengembangkan teknologi jadi lebih modern. Perkembangan teknologi akan berdampak terhadap kehidupan masyarakat dan salah satunya di bidang sosial budaya.

Dengan adanya revolusi teknologi, masyarakat jadi lebih mudah dalam melakukan komunikasi dengan orang lain menggunakan gadget. Hal ini berdampak positif bagi kehidupan masyarakat, namun juga bisa memberikan dampak negatif di bidang sosial budaya. Berikut beberapa dampak yang bisa dirasakan adanya revolusi teknologi terhadap bidang sosial budaya.

Di Bidang Sosial Budaya Pengaruh Revolusi Teknologi Terlihat dari?

Pengaruh Revolusi Teknologi Terhadap Bidang Sosial Budaya

Dampak-dampak revolusi teknologi terhadap bidang sosial budaya bisa dilihat dari beberapa segi, seperti:

Segi Cara Berkomunikasi

Revolusi teknologi sangat berpengaruh terhadap cara berkomunikasi di dalam kehidupan masyarakat. Dahulu cara berkomunikasi yang umum dilakukan oleh masyarakat adalah menggunakan surat menyurat. Dengan adanya revolusi teknologi, kini cara berkomunikasi lebih mudah dan bisa menjangkau ke mana saja.

Masyarakat bisa berkomunikasi dengan orang lain, melalui media sosial, e-mail, SMS hingga aplikasi chat online. Perubahan kebudayaan satu ini memberikan dampak positif bagi masyarakat luas sebab bisa menjalin komunikasi tanpa ada batas ruang dan juga waktu.

Namun, revolusi atau kemajuan teknologi juga bisa memberikan dampak negatif sebab bisa membuat masyarakat jadi menyepelekan komunikasi dengan cara tatap muka atau secara langsung. Mereka terlalu sering menghabiskan waktunya bermain gadget dan dikhawatirkan bisa menjauhkan kita dari orang-orang yang ada di sekitar.

Segi Gaya Hidup

Revolusi teknologi sangat berpengaruh terhadap gaya hidup dalam bermasyarakat. Adanya kemajuan teknologi, masyarakat mendapatkan kemudahan dalam mengakses informasi melalui internet. Dengan adanya hal ini membuat gaya hidup merak jadi berubah, seperti gaya hidup individu maupun kelompok yang mulai terlihat berubah.

Perubahan seperti ini sifatnya positif, namun ada juga yang memberikan dampak negatif terhadap masyarakat. Contoh nyata adanya perubahan gaya hidup di masyarakat yang memberikan dampak positif adalah menjaga pola hidup sehat, rajin olah raga, mengurangi makan daging dan masih banyak yang lainnya. Dampak negatifnya adalah pergaulan bebas, penyalahgunaan narkoba dan masih banyak lagi yang lainnya.

Segi Berpakaian

Di bidang sosial budaya pengaruh revolusi teknologi terlihat dari segi berpakaian juga. Cara berpakaian masyarakat mulai berubah dipengaruhi oleh kebudayaan dari negara lain. Salah satu contoh yang bisa ditemui di dalam kehidupan masyarakat adalah cara berpakaian mereka lebih modern dan dapat menjangkau di berbagai kalangan, khususnya bagi anak muda.

Saat ini kita bisa melihat variasi gaya berpakaian anak muda yang mulai berubah karena pengaruh internet. Anda bisa melihat berbagai rekomendasi gaya berpakaian dari video, sosial media, majalah dan lainnya. Bahkan banyak masyarakat yang mulai mengikuti cara berpakaian para artis dan jadi tren bagi anak muda hingga orang tua.

Segi Gaya Berbahasa

Dilihat dari segi gaya berbahasa juga sangat dipengaruh oleh adanya revolusi teknologi. Seiring dengan perkembangan teknologi, bahasa daerah mulai ditinggalkan oleh anak muda. Hal ini juga bisa terjadi karena tidak semua masyarakat Indonesia memahami bahasa daerah yang ada di wilayah tertentu.

Bahkan penggunaan bahasa asing mulai banyak digunakan sebagai gaya berkomunikasi dalam keseharian. Banyak masyarakat yang memadukan bahasa Indonesia dengan Bahasa Inggris saat berkomunikasi dengan orang lain. Hal ini sebenarnya tidak sepenuhnya salah apabila kita tetap bisa menjaga kelestarian bahasa daerah serta Bahasa Indonesia dengan baik.

Segi Kesenjangan Digital

Revolusi teknologi bisa menyebabkan adanya kesenjangan digital dan hal ini mulai terlihat di beberapa daerah. Adanya fenomena “digital divide” atau kesenjangan digital ini bisa dilihat di daerah perkotaan dengan pedesaan. Hal ini biasanya terjadi karena akses infrastruktur digital masih terbatas di sejumlah wilayah jadi dapat menghambat masyarakat dalam mendapatkan manfaat dari teknologi.

Adanya kesenjangan digital juga bisa menyebabkan masyarakat tidak bisa mempertahankan serta mengembangkan kebudayaan lokal yang mereka miliki dengan baik. Kemunculan tren budaya populer dari negara lain dari media digital juga bisa menyebabkan identitas budaya lokal Indonesia semakin menghilang.

Segi Interaksi Sosial

Perkembangan teknologi bisa menyebabkan peningkatan isolasi sosial di masyarakat. Semakin banyak masyarakat yang memiliki melakukan komunikasi melalui teknologi digital dibandingkan berinteraksi langsung dengan orang lain. Hal ini tentu bisa membuat kurangnya interaksi sosial dan bisa memperburuk kesehatan mental.

Terlebih lagi banyak kegiatan yang bisa dilakukan secara online sehingga membuat interaksi sosial semakin kurang. Hal ini membuat masyarakat jadi terbiasa tidak melakukan interaksi secara langsung dengan orang lain.

Segi Nilai Budaya dan Tradisi

Kemajuan teknologi dapat menyebabkan memudarkan nilai budaya dan tradisi yang sudah ada di Indonesia. Banyak nilai tradisi lokal yang mulai terabaikan oleh masyarakat karena terpengaruh oleh adanya budaya luar. Hal ini bisa terjadi karena semakin banyak masyarakat yang mengakses internet dan terbiasa melihat budaya luar sehingga lebih dominan.

Banyak anak muda yang tidak mau melestarikan nilai budaya dan tradisi lokal karena secara tidak langsung mereka mengenal budaya dari luar. Sikap dan perilaku masyarakat di zaman sekarang sangat berbeda dan mulai memudar. Apalagi beberapa masyarakat menganggap penggunaan bahasa daerah dianggap kuno atau ketinggalan zaman sehingga mereka enggan melestarikan nilai budaya dan tradisi yang sudah ada.

Nah, di bidang sosial budaya pengaruh revolusi teknologi terlihat dari beberapa segi, seperti cara berkomunikasi, gaya berbahasa, gaya berpakaian dan sebagainya.

Posting Komentar

Posting Komentar