yTgHrJNGzV02Lg3RjKe6YGboXHd6n74ahZPu0z0D
Bookmark

Hubungan Komputer dengan Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Apakah Anda tahu kapan komputer pertama kali ditemukan? Pertama kali komputer ditemukan di tahun 1822 dan sejak saat itu perangkat ini memberikan pengaruh besar bagi seluruh kehidupan manusia termasuk IPTEK. Untuk menjawab pertanyaan jelaskan hubungan komputer dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, simak penjelasan lebih lanjut pada artikel ini.

Jelaskan Hubungan Komputer dengan Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Hubungan Komputer dan IPTEK

IPTEK merupakan segala hal yang berkaitan dengan teknologi baik berupa penemuan terbaru yang berhubungan dengan teknologi maupun perkembangan dari teknologi itu sendiri. Perkembangan IPTEK di mana pun tidak dapat terlepas dari yang namanya teknologi informasi. Hal inilah yang menjadi awal mulai hubungan erat yang terjalin antara komputer dengan IPTEK.

Hal tersebut karena perkembangan teknologi pada zaman sekarang ini berhubungan erat dengan komputer. Mengapa bisa begitu? Hal ini disebabkan karena berbagai inovasi yang dirancang pasti akan menggunakan perangkat yang disebut dengan komputer.

Adapun sejarah munculnya komputer itu sendiri akan dibahas pada penjelasan berikut.

Tahun 1882

Komputer pertama kali ditemukan oleh Charles Babbage di mana pada awalnya komputer merupakan sebuah mesin yang dapat menjalankan operasi hitung aritmatika. Metode yang digunakan kemudian menjadi dasar dalam pengembangan komputer dan digunakan hingga saat ini.

Tahun 1960

Lalu di tahun 1960, J.C.R. Licklider mempopulerkan idenya tentang “jaringan antargalaksi” di komputer. Belum lama setelah itu, konsep “packet switching” yaitu metode untuk mentransmisi data elektronik diciptakan. Konsep ini merupakan awal kemunculan dari internet.

Tahun 1990

Tiga dekade setelah itu Tim Berners-Lee yang merupakan seorang ilmuwan menemukan world wide web yang sering dikenal dengan sebutan WWW. Program komputer yang satu ini awal mulainya digunakan untuk mempermudah para peneliti untuk bertukar informasi.

Itulah sedikit penjelasan tentang sejarah komputer. Dari penjelasan tersebut terlihat cukup jelas bahwasanya keterlibatan komputer pada dunia IPTEK sangat erat sekali kaitannya. Tanpa adanya komputer, jaringan internet yang kita kenal saat ini serta WWW mungkin tidak akan tercipta.

Jadi dapat disimpulkan bahwa media sosial ataupun Google yang kita gunakan hingga saat ini tidak akan pernah ada jika tidak ada internet, WWW dan tentu saja jika tidak ada komputer.

Perkembangan dan Dampak Komputer Bagi IPTEK

Setelah mengetahui sejarah komputer, pembahasan selanjutnya adalah perkembangan komputer di Indonesia. Jadi jika muncul pertanyaan jelaskan hubungan komputer dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi Anda bisa menjawabnya dengan perkembangan komputer yang berpengaruh terhadap IPTEK.

Di tahun 1990-an internet yang menandai awal kemunculan perkembangan IPTEK di Indonesia mulai diperkenalkan. Hal ini tentunya masih ada hubungannya dengan komputer.

Internet yang mulai dikenalkan dan masuk ke Indonesia mulai dimanfaatkan untuk jaringan pada beberapa komputer. Komputer yang tersambung dengan internet kemudian memunculkan istilah baru online. Internet tersebut dapat dimanfaatkan untuk mengakses informasi yang diperlukan masyarakat.

Sejak kemunculannya itulah berbagai fasilitas mulai dari e-mail dan juga chatting mulai banyak digunakan. Bahkan saat itu juga muncul teknologi VoIP yang memungkinkan pengguna melakukan telepon jarak jauh hingga melakukan sambungan internasional sekalipun. Selain itu berikut ini adalah dampak yang ditimbulkan komputer bagi IPTEK.

Memudahkan perhitungan yang rumit

Dengan adanya komputer, semua perhitungan baik yang mudah atau yang rumit sekalipun dapat dipermudah. Komputer akan menghitung berbagai perhitungan pada ilmu fisika, kimia, biologi hingga teknil dengan cepat dan juga teliti. Perhitungan yang dilakukan konsisten tidak seperti perhitungan manual yang dilakukan manusia yang biasanya terjadi human error.

Untuk kecepatan serta kerumitan perhitungan yang dilakukan disesuaikan berdasarkan kekuatan prosesornya. Komputer yang memiliki prosesor terkuat saat ini yaitu superkomputer. Dilansir dari Live Science superkomputer dengan ukuran sebesar dua lapangan tenis bisa melakukan perhitungan hingga 200 kuadriliun per detiknya.

Sementara apabila manusia dapat menyelesaikan perhitungan dalam satu detik akan diperlukan seluruh manusia di dunia ini selama 305 dalam menyelesaikan perhitungan sebanyak 200 kuadriliun tersebut.

Memudahkan pengumpulan data

Komputer juga memberikan dampak yang baik dalam pengumpulan data. Para ilmuwan akan semakin mudah mengumpulkan data di bidang IPTEK. Hal ini karena keberadaan internet memungkinkan data dapat dengan mudah dikirim serta disimpan dalam jumlah yang besar.

Dikutip dari American Scientist bahwa sebagian ilmuwan telah menghasilkan serta menyimpan beberapa GB dalam satu tahunnya. Data tersebut apabila disimpan dalam bentuk dokumen yang ditulis pada kertas akan memerlukan banyak sekali tempat. Selain itu jika dilakukan hal ini juga ada kemungkinan hilang maupun rusak.

Sementara dengan komputer, data dalam jumlah besar sekalipun akan disimpan rapi dan dapat diakses kapan pun. Selain itu juga tidak membutuhkan banyak ruang penyimpanan.

Memudahkan analisa data

Selain mengumpulkan data, komputer juga memudahkan dalam analisa data di bidang IPTEK. Data digital yang ada pada komputer bisa dianalisis dengan mudah dan praktis hanya dengan perangkat lunak yang tersedia. Dengan begitu akan memudahkan serta meringankan kerja dari para ilmuwan.

Memungkinkan simulasi dan prediksi

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa dalam komputer terdapat perangkat lunak yang dapat melakukan simulasi maupun prediksi. Simulasi ataupun prediksi ini dapat membantu ilmuwan dalam menguji hipotesa tanpa harus dilakukan secara nyata.

Itulah sedikit penjelasan hubungan antara komputer dengan IPTEK yang merupakan jawaban dari pertanyaan jelaskan hubungan komputer dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Semoga jawaban tersebut dapat memberikan Anda tambahan wawasan dan memberikan manfaat.

Posting Komentar

Posting Komentar