yTgHrJNGzV02Lg3RjKe6YGboXHd6n74ahZPu0z0D
Bookmark

Peningkatan Jumlah Industri Merupakan Modernisasi di Bidang?

Istilah modernisasi erat kaitannya dengan kemajuan dan keadaan yang bersifat modern, bukan lagi tradisional. Misalnya saja, peningkatan jumlah industri merupakan modernisasi di bidang ekonomi.

Seiring berjalannya waktu, konsep modernisasi mengikuti perkembangan zaman, termasuk di Indonesia. Dampak modernisasi telah lama dirasakan oleh masyarakat Indonesia dalam berbagai bidang.

Keberadaan modernisasi mencerminkan adanya kemajuan dalam masyarakat. Sebelum masuk ke bahasa contoh modernisasi, mari kita pahami lebih dulu apa arti dari modernisasi di bawah.

Peningkatan Jumlah Industri Merupakan Modernisasi di Bidang?

Pengertian Modernisasi

Saat pertama kali mendengar istilah modernisasi, mungkin langsung akan tertuju pada pandangan masyarakat yang modern dan maju.

Pandangan itu agaknya tepat, mengingat dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) modernisasi merupakan suatu proses perubahan sikap dan mentalitas masyarakat agar dapat menjalani kehidupan sesuai dengan tuntutan masa kini.

Syarat-syarat Adanya Modernisasi

Modernisasi dapat terjadi dalam suatu masyarakat atau negara jika memenuhi beberapa syarat. Adapun syarat-syarat modernisasi yaitu antara lain:

  1. Tingkat organisasi yang tinggi didukung oleh tingkat disiplin yang tinggi.
  2. Sentralisasi kebijakan tidak didasarkan pada kepentingan pribadi atau kelompok tertentu.
  3. Sistem pengumpulan data yang teratur, baik, dan terpusat di lembaga tertentu.
  4. Terciptanya iklim yang kondusif terhadap modernisasi.
  5. Sistem administrasi negara efektif dan sepenuhnya mewujudkan birokrasi yang profesional.
  6. Pola pikir ilmiah yang telah mendalam di kalangan pemerintah dan masyarakat umum.

Ciri-ciri Adanya Modernisasi

Umumnya, modernisasi berhubungan dengan adanya suatu pergeseran dari tradisional ke modern dalam masyarakat yang sesuai dengan perkembangan zaman. Ada beberapa ciri-ciri dari modernisasi, yaitu:

  • Munculnya sikap individualisme di kalangan masyarakat.
  • Proses perkembangan modernisasi bersifat umum.
  • Munculnya diferensiasi atau spesialisasi dalam tenaga kerja dengan keahlian yang beragam.
  • Bertambahnya ketidaksetaraan dan ketidakadilan sosial.
  • Norma-norma masyarakat mengalami perubahan.
  • Sektor industri mengalami perkembangan yang signifikan.
  • Terjadi perubahan di berbagai bidang, misalnya teknologi transportasi dan komunikasi.
  • Sistem ekonomi berkembang dengan landasan usaha yang bebas dan kompetitif.
  • Rasionalitas atau perhitungan efisiensi menjadi fokus dalam setiap aspek kehidupan.
  • Tidak menyampingkan nilai-nilai agama.

Contoh Modernisasi dalam Berbagai Bidang

Modernisasi telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari negara dan masyarakat. Dalam berbagai bidang terjadi transformasi yang signifikan akibat dampak dari modernisasi. Berikut adalah contoh-contoh modernisasi dalam berbagai bidang, yaitu:

Bidang Ekonomi

Modernisasi di sektor ekonomi berkaitan dengan pergeseran dari tenaga kerja manusia ke tenaga mesin atau teknologi.

Tujuan dari modernisasi ini adalah untuk mencapai kesejahteraan masyarakat yang lebih baik. Peningkatan jumlah industri merupakan modernisasi di bidang ekonomi.

Saat ini, perkembangan e-commerce merupakan kegiatan jual beli atau transaksi yang dilakukan melalui media elektronik, khususnya internet.

Dengan adanya e-commerce, aktivitas jual beli tidak perlu dilakukan tatap muka, melainkan dapat dilakukan melalui perangkat smartphone. E-commerce menghilangkan batasan jarak, waktu, dan tempat dalam melakukan transaksi.

Bidang Komunikasi dan Media Massa

Transformasi dalam bidang komunikasi terlihat dari awalnya masyarakat menggunakan warung telepon (wartel), kemudian berkembang menjadi warung internet (warnet).

Bahkan, perangkat telepon yang awalnya sederhana telah berevolusi menjadi smartphone yang lebih canggih. Selain itu, munculnya berbagai platform media sosial juga turut memperkaya media komunikasi masyarakat.

Dalam bidang media, kita sekarang mengalami era konvergensi media. Konsep konvergensi media memfasilitasi integrasi berbagai bentuk media yang ada. Oleh sebab itu, media saat ini diharapkan mampu menghadirkan konten dalam format teks, audio, dan video.

Dengan bantuan smartphone, berita juga dapat diakses dalam berbagai format. Hal tersebut mengindikasikan bahwa media semakin mengalami konvergensi.

Bidang Budaya

Dalam bidang budaya, contoh modernisasi terlihat pada penggunaan bahasa asing atau campuran sebagai media komunikasi yang lebih populer dan trendi dibandingkan dengan bahasa daerah atau nasional.

Di ranah seni, tren modernisasi saat ini tercermin dalam maraknya Non-Fungible Token (NFT). NFT merupakan bentuk aset digital yang eksklusif dimiliki oleh pemiliknya. Teknologi NFT memungkinkan sertifikasi aset digital melalui token yang dapat diperjualbelikan secara global.

Kehadiran NFT membawa dampak signifikan terhadap pasar seni rupa, terutama melalui metode jual beli NFT di marketplace. Kemudahan dan potensi keuntungan dari konsep ini mendorong seniman untuk secara masif mengubah karya seni mereka menjadi versi digital berbentuk NFT.

Bidang Transportasi

Saat ini transportasi online telah menjadi fenomena yang umum. Selain itu, perkembangan teknologi juga membawa peningkatan kualitas alat transportasi, seperti pengenalan kereta cepat, kereta listrik, dan kereta bawah tanah. Tidak hanya itu, proses distribusi barang juga semakin efisien dengan keberadaan layanan ekspedisi.

Bidang Pendidikan

Pendidikan memegang peranan penting dalam suatu negara. Modernisasi dalam bidang pendidikan diimplementasikan untuk meningkatkan mutu pendidikan dan menjadikannya sebanding dengan sistem pendidikan negara maju.

Salah satu strateginya yaitu dengan mendirikan lembaga-lembaga ilmu pengetahuan. Penggunaan teknologi juga dapat ditingkatkan dalam proses pembelajaran seperti buku sekolah elektronik, alat praktikum, perpustakaan digital, dan layanan bimbingan belajar online yang saat ini tengah populer.

Bidang Politik

Modernisasi di bidang politik dapat dilihat oleh upaya untuk memerdekakan diri dari penjajah. Selain itu, keterlibatan Indonesia dalam berbagai organisasi internasional, seperti ASEAN dan PBB, serta peningkatan jumlah partai politik yang bermunculan, juga menjadi tanda dari modernisasi politik tersebut.

Bidang Teknologi

Modernisasi di bidang teknologi adalah suatu keniscayaan yang sudah banyak ditemukan saat ini. Peningkatan jumlah industri merupakan modernisasi di bidang teknologi di sektor ekonomi. Teknologi yang semakin canggih memberikan kemudahan bagi manusia dalam menjalankan berbagai aktivitas.

Posting Komentar

Posting Komentar