yTgHrJNGzV02Lg3RjKe6YGboXHd6n74ahZPu0z0D
Bookmark

3 Contoh Percakapan antara Manajer dan Karyawan Bahasa Indonesia

Komunikasi dan interaksi di lingkungan kantor adalah hal terpenting yang kerap dilakukan dalam aktivitas pekerjaan sehari-hari. Ada beberapa contoh percakapan antara manajer dan karyawan bahasa Indonesia yang mungkin sering kita dengar. 

Mungkin saat ini kamu menjabat sebagai seorang manajer sebuah perusahaan. Atau bisa saja kamu berperan sebagai karyawan di perusahaan. Baik itu manajer maupun karyawan keduanya harus bisa berkomunikasi dengan baik.

Perusahaan yang sukses adalah perusahaan yang memiliki tim yang solid. Nah, kesuksesan ini tentu tidak dapat diraih jika tidak ada komunikasi dan interaksi yang baik antara atasan dengan bawahan atau antar karyawan di lingkungan perusahaan. 

3 Contoh Percakapan antara Manajer dan Karyawan Bahasa Indonesia

Kenapa Komunikasi Manajerial Penting di Lingkungan Kerja?

Sebelum kita membahas contoh percakapan antara manajer dan karyawan bahasa Indonesia, simak pentingnya komunikasi manajerial di lingkungan kerja terlebih dahulu :

1. Sebagai Media Bertukar Gagasan

Tentu saja sebuah perusahaan tidak akan tetap berdiri tegak tanpa adanya gagasan-gagasan yang menarik dari para karyawannya. Ingat, ide atau gagasan terkadang tidak hanya datang dari atasan atau pihak manajer saja!

Seringkali ide-ide yang brilian justru timbul dari komunikasi antara manajer dengan para karyawannya. Inilah yang bisa membuat perusahaan semakin kuat. Adanya tim yang profesional dan solid tentu sangat diharapkan setiap perusahaan. 

2. Penting dalam Pencapaian Target

Untuk bisa mencapai target perusahaan, rasanya tidak akan bisa jika hanya dikerjakan atau dilakukan oleh satu orang saja. Pasti membutuhkan tim untuk menyelesaikannya sehingga target bisa tercapai dengan baik. 

Dalam mencapai target inilah, komunikasi yang baik antara manajer dengan karyawan sangat penting. Agar karyawan memahami tanggung jawabnya masing-masing, sebagai manajer kamu harus bisa mengkomunikasikan terkait tanggung jawab kepada mereka dengan baik.

3. Pekerjaan Lebih Cepat Selesai

Terkadang ada hal-hal yang harus diperbarui dalam perusahaan terkait pekerjaan yang harus dilakukan oleh karyawan. Untuk menyampaikannya, manajer harus berkomunikasi dengan para karyawannya. Sehingga pekerjaan bisa cepat selesai sesuai dengan standar terbaru perusahaan. 

Hal ini juga bisa mengurangi terjadinya kesalahan dalam pekerjaan. Oleh sebab itu, pastikan interaksi yang efektif antar individu dalam perusahaan.  

4. Bisa Menyelesaikan Masalah Karyawan

Terkadang ada hal-hal tertentu yang mungkin membuat karyawan tidak nyaman atau ingin mengutarakan sesuatu terkait kebijakan perusahaan.

Dengan adanya komunikasi yang baik antara manajer dan karyawan di perusahaan, bisa membuat keluhan atau masalah karyawan dapat teratasi. Hal ini lantaran manajer memberikan kebebasan kepada karyawan untuk menyampaikan pendapat mereka.

Contoh Percakapan Antara Manajer dan Karyawan Bahasa Indonesia

Kamu mungkin baru saja diangkat sebagai manajer perusahaan. Hal inilah yang membuatmu kesulitan untuk berkomunikasi dengan para karyawan di perusahaan. 

Jangan khawatir, untuk membantumu menjalin komunikasi yang baik bersama karyawan. Berikut contoh percakapan antara manajer dan karyawan bahasa Indonesia yang bisa dijadikan sebagai referensi :

1. Percakapan Terkait Penugasan Karyawan

Manajer : Anda akan ditugaskan menjadi supervisor dalam proyek baru. Untuk waktunya, akan dimulai pada tanggal 02 Februari 2020 dalam waktu 2 bulan. Bagaimana, apakah Anda siap? 

Karyawan : Terima kasih banyak pak, saya sangat senang mendapatkan kesempatan sebagai supervisor di proyek ini. Tapi pak, saya juga membutuhkan arahan dan sumber daya yang diperlukan untuk menyelesaikan pekerjaan ini. 

Manajer : Tentu saya akan terus memantau dan memberikan arahan serta menyediakan berbagai fasilitas untuk mendukung proyek ini berjalan dengan lancar. Jika ada sesuatu hal yang perlu ditanyakan atau hal apapun terkait pekerjaan, silahkan konsultasikan bersama saya. 

2. Percakapan Tentang Laporan Harian

Manajer : Selamat siang, Ibu Fina. Terkait laporan harian perusahaan jangan lupa untuk diserahkan hari ini maksimal jam 16.00 di meja saya. Saya tunggu laporannya dan bisa kita diskusikan jika ada hal-hal yang kurang.

Karyawan : Baik pak, secepatnya akan saya kerjakan. Untuk laporan harian per hari ini tidak ada masalah pak. Jika ada hal lainnya, akan saya laporkan dan diskusikan dengan bapak. 

Manajer : Oke, baik. Terima kasih ibu Fina. Selamat bekerja!

3. Percakapan Mengenai Evaluasi Kerja

Contoh percakapan antara manajer dan karyawan bahasa Indonesia lainya adalah tentang evaluasi kerja. Berikut ulasannya :

Manajer : Selamat pagi, Mas Ardi. Saya ingin kita membahas tentang evaluasi kinerja Anda tahun ini. Bagaimana pendapat Anda mengenai kinerja tahun ini?

Karyawan : Baik pak. Untuk kinerja, saya rasa sudah mencapai target sesuai yang ditetapkan. Saya juga sudah memenuhi semua tanggung jawab yang diberikan kepada saya,. Akan tetapi, saya juga memerlukan saran mengenai bagaimana saya harus meningkatkan kinerja di tahun mendatang. 

Manajer : Saya berterima kasih atas kinerja dan usaha yang Anda lakukan selama ini. Anda memang sudah mencapai target kerja tahun ini. Saya juga memiliki beberapa saran yang mungkin berguna untuk Anda agar meningkatkan kinerja di tahun mendatang. Jangan khawatir, saya sudah memasukkan Anda ke dalam daftar karyawan yang akan dipromosikan tahun ini. 

Karyawan : Terima kasih pak, atas saran yang Bapak berikan terhadap kinerja yang saya lakukan. Saya juga berterima kasih karena bapak telah mempromosikan saya. Saya akan selalu meningkatkan kinerja saya demi perusahaan ini. 

Kesimpulan

Nah, itulah 3 contoh percakapan antara manajer dan karyawan yang dapat dijadikan sebagai referensi. Sebetulnya untuk percakapan ini bersifat spontan dan mungkin cara penyampaiannya bisa saja berbeda tergantung dari bagaimana komunikasi yang kamu jalin baik dengan manajer atau dengan karyawan. 



Posting Komentar

Posting Komentar