yTgHrJNGzV02Lg3RjKe6YGboXHd6n74ahZPu0z0D
Bookmark

Contoh Logo Sekolah Dasar dan Artinya

Sedang mencari contoh logo sekolah dasar dan artinya? Ya, logo SD merupakan simbol identitas sekolah dasar sebagai lembaga pendidikan yang diakui. Setiap sekolah tentu saja memiliki logo berbeda yang menggambarkan visi misi pendidikan mereka.

Biasanya dalam logo SD sendiri ada 4 komponen yang dimunculkan, antara lain bentuk, gambar, tulisan, dan warna. Dimana setiap komponen tersebut punya arti masing-masing.

Arti dari Masing-masing Logo SD

Sebelum kita membahas contoh logo sekolah dasar dan artinya, ketahui dulu beberapa simbol yang terdapat pada logo SD umumnya dengan arti tersendiri :

Bentuk 

Bentuk pada logo sekolah dasar ini seringkali didesain secara sederhana dan gampang dikenal. Umumnya lembaga pendidikan menggunakan bentuk lingkaran atau persegi yang merekresentasikan prinsip kesederhanaan di dunia pendidikan sekolah dasar.

Adapun bentuknya yang sederhana menggambarkan jika proses pembelajaran untuk anak sekolah dasar biasanya gampang dipahami dan tidak kompleks. 

Gambar

Gambar termasuk salah satu komponen yang sangat mencolok pada logo, biasanya menghiasi bagian tengah logo itu sendiri. Contoh sederhananya penggunaan gambar anak kecil tengah bermain, belajar atau berinteraksi bersama lingkungan sekitarnya.

Ini memiliki makna yang mengambarkan tentang perkembangan anak di dunia pendidikan, yang mana anak sedang membangun potensi dan fondasi pengetahuan dari sejak dini. 

Selain itu, penampakan gambar anak yang terdapat dalam logo juga mengisyaratkan kepolosan dan kesucian yang masih melekat pada anak sekolah dasar. Inilah fokus utama para pendidik terkait sifat-sifat yang dimiliki anak untuk bisa melindungi dan mengarahkan para generasi muda.

Tulisan

Dalam contoh logo sekolah dasar dan artinya, kerap kita jumpai ada tulisan sebagai pelengkap gambar. Biasanya tulisannya terdapat kata "SD" atau Sekolah Dasar. Dalam hal ini, tulisan tersebut menggambarkan identitas terkait jenjang pendidikan. 

Makna yang lebih dalamnya yaitu menyampaikan jika pendidikan dasar adalah sebuah fondasi utama dan penting bagi kehidupan seseorang. Maka dari itu, adanya logo SD ini bisa membuat kita menyadari arti pentingnya menempuh pendidikan dasar berkualitas.

Warna

Dalam logo SD juga terdapat perpaduan warna bervariasi, namun ada beberapa pilihan warna yang mendominasi dan kerap digunakan. Beberapa warna yang banyak digunakan biasanya biru, kuning, merah dan hijau agar terkesan ceria. 

Setiap warna-warna ini tentu punya makna mendalam. Untuk warna biru sendiri artinya kecerdasan dan rasa tenang, sedangkan warna kuning memiliki arti keceriaan. Merah artinya berani dan selalu bersemangat, sementara warna kuning merepresentasikan kreativitas.

Contoh Logo Sekolah Dasar dan Artinya

Contoh Logo Sekolah Dasar dan Artinya

Untuk contoh logo sekolah dasar dan artinya kita akan membahas gambar yang logo yang kerap digunakan pada beberapa sekolah populer, antara lain : 

Logo Sekolah Dasar Tut Wuri Handayani

Contoh logo sekolah dasar dan artinya pertama yaitu logo Tut Wuri Handayani. Dalam hal ini menggambarkan Ki Hajar Dewantara sebagai sosok dari pahlawan nasional sekaligus sebagai pelopor di dunia pendidikan. 

Logo Sekolah Dasar Instan Mandiri

Pada logo sekolah dasar Insan Mandiri, melambangkan kemandirian, pembelajaran yang berorientasi pada siswa dan juga kecakapan.

Logo Sekolah Dasar Megah Berkarya

Dalam logo Sekolah Dasar ini mengidentifikasikan sekolah yang memiliki semangat keberanian dan kebesaran untuk menggapai prestasi dalam bidang pendidikan.

Logo Sekolah Dasar Bintang Ceria

Untuk logo ini mengidentifikasikan tentang sekolah yang penuh dengan kreativitas, keberanian dan juga keceriaan.

Itulah beberapa contoh logo sekolah dasar dan artinya, Anda bisa membuat logo sekolah sendiri yang dapat merepresentasikan tentang sekolah Anda. 

Pentingnya Membuat Logo Sekolah Dasar

Ada beberapa alasan kenapa penting sekali membuat logo sekolah dasar, antara lain : 

Sebagai Identitas Sekolah

Dengan penggunaan logo sekolah secara profesional, tentu saja bisa semakin memperkuat identitas dari sekolah itu sendiri. Apalagi pembuatan logo unik, menarik, tapi mudah diingat oleh masyarakat bisa membuat banyak orang gampang mengenalinya.

Image Sekolah Meningkat

Membuat logo sekolah SD yang profesional tentu saja dapat mengembangkan citra atau image sekolah itu sendiri. Dengan pemberian logo menarik bisa merepresentasikan jika sekolah tersebut adalah lembaga yang mempunyai standar tinggi.

Menarik Minat Banyak Calon Siswa

Dengan membuat logo yang menarik untuk sekolah SD, bisa memikat para calon siswa yang akan bersekolah SD untuk menentukan pilihan di sekolah tersebut.

Pemberian logo yang menarik ini bisa memberikan efek positif sekaligus menggambarkan value sekolah itu sendiri. Alhasil, membuat calon siswa semakin ingin bergabung.

Menggambarkan Apa Saja Nilai Positif yang Diberikan Sekolah

Adanya logo sekolah bisa menggambarkan apa saja value atau nilai positif sekolah tersebut. Beberapa nilai yang kerap ditampilkan adalah kerjasama, kreativitas, kejujuran dan lainnya. Sehingga bisa memberikan rasa bangga terhadap guru dan siswa yang bersekolah di sekolah tersebut.

Gampang Dikenal Masyarakat Luas

Memiliki logo sekolah sendiri tentu bisa mempermudah masyarakat mengenali institusi atau sekolah tersebut. Sehingga bisa mempromosikan sekolah secara tidak langsung. 

Membuat Masyarakat Memahami Visi Misi Sekolah

Logo SD biasanya gampang dipahami. Melalui logo yang profesional, membuat masyarakat semakin mudah untuk memahami misi visi sekolah itu sendiri.

Kesimpulan

Dalam membuat logo, penting untuk membuat bentuk, gambar, warna dan juga tulisan yang mencerminkan sekolah tersebut. Dengan kata lain, pembuatan logo dibuat sesuai dengan representasi dari sekolah itu sendiri. Seperti contoh logo sekolah dasar dan artinya yang sudah dijelaskan di atas!

Posting Komentar

Posting Komentar