yTgHrJNGzV02Lg3RjKe6YGboXHd6n74ahZPu0z0D
Bookmark

6 Contoh Narasi Perkenalan Diri Terlengkap

Perkenalan diri merupakan ajang untuk memperkenalkan diri ketika baru bertemu seseorang pertama kali. Setiap orang tentu punya narasi perkenalan diri yang berbeda. 

Namun tentunya, penting sekali untuk mengetahui bagaimana contoh narasi perkenalan diri yang sopan dan hangat. Hal ini lantaran, agar lawan bicara kita merasa lebih dihargai dan nyaman saat berkenalan.

Proses perkenalan diri tentu saja akan memberikan kesan yang selalu teringat bagi orang yang berkenalan dengan kita. Maka dari itu, penting untuk memahami contoh perkenalan diri dalam bentuk narasi dengan bahasa yang tepat!

Contoh Narasi Perkenalan Diri Terlengkap

Contoh Narasi Perkenalan Diri yang Baik

Berikut ini ada beberapa contoh narasi perkenalan diri yang baik sesuai situasi dan kondisi, diantaranya :

Narasi Perkenalan Diri Step 1

Halo, Nama Saya Zaskia Adiba. Saya saat ini sedang bekerja di sebuah perusahaan perbankan. Saya sudah bekerja di bank XXX selama 3 tahun lamanya. Selama bekerja di dunia perbankan, ada banyak pengalaman yang sudah saya dapatkan. Semua pengalaman ini tentu saja menjadi pembelajaran bagi saya untuk lebih baik di masa yang akan datang. 

Narasi Perkenalan Diri Step 2

Hai, perkenalkan Nama Saya Mia Indrayani. Sebelumnya saya bersekolah di SMA Harapan 3. Saya pindah ke SMA Intan Permata karena mengikuti Ayah saya yang telah di mutasi dari perusahaannya tempat bekerja di Jakarta ke Bandung. Salam kenal, semoga kita bisa berteman dengan baik. 

Narasi Perkenalan Step 3

Hai, perkenalkan nama saya Cynthya Alda. Saya tinggal di jalan Gunung Putri Blok L15 Kabupaten Singaparna, Tasikmalaya di tepatnya di Perum Asri Residence Cintaraja. Saya pindah ke kabupaten Tasikmalaya sejak bulan Februari lalu. Semoga kita bisa menjalin hubungan tetangga yang baik. 

Narasi Perkenalan Step 4

Halo, Selamat pagi anak-anak. Nama Bapak adalah Anto Rianto. Bapak telah dipindahkan ke SD Intan Mandiri sejak kemarin dan sebelumnya Bapak mengajar di SD Bukittinggi. Bapak sekarang tinggal di Perumahan Asri Indah. Semoga anak-anak semua nyaman belajar bersama Bapak.

Narasi Perkenalan Step 5

Halo Dinda, nama saya Ananda Dita. Saya baru saja pindah kemarin dan kebetulan rumah kamu berdekatan dengan rumah Saya. Usia saya 16 tahun dan sedang bersekolah di SMA Harapan. Bagaimana dengan kamu?

Narasi Perkenalan Step 6

Halo semuanya, saya Ikbal. Saya seorang insinyur teknik kimia yang sedang bekerja di Karawang. Saya adalah fresh graduate lulusan dari salah satu universitas negeri di Indonesia. Kebetulan saya mendapatkan informasi tentang kontrakan di wilayah ini dari beberapa teman.

Cara Menyampaikan Narasi Perkenalan Diri dengan Baik

Selain memahami contoh narasi di atas, penting untuk memperhatikan hal-hal di bawah ini dalam menyampaikan narasi perkenalan  :

Pakai Bahasa yang Santun

Ketika baru pertama kali bertemu dengan orang baru, sebaiknya gunakan bahasa perkenalan yang baik, ramah, santun dan tentunya mudah dipahami. Jangan memakai kosakata terlalu formal atau sulit dicerna. Sebab tujuanmu yaitu ingin merasa akrab dengan orang lain.

Tentukan Fokus

Jika kamu menuliskan narasi perkenalan, sebaiknya pertimbangkan terlebih dahulu apa saja yang mau kamu sampaikan. Misalnya ingin menonjolkan prestasi, karakteristik atau hobi. 

Perkenalkan Latar Belakang Ringkas dan Nama

Selanjutnya kamu bisa memperkenalkan diri dengan menyebutkan nama diri sendiri dan juga latar belakang secara ringkas. 

Tambahkan Mengenai Detil Pribadi

Tidak ada salahnya juga untuk menambahkan detil pribadi tertentu yang sesuai, seperti pengalaman, minat atau hobi yang dapat membantu orang untuk lebih mengetahui dan mengenalmu. 

Tambahkan Pencapaian Bila Perlu

Bagi kamu yang punya pencapaian, mungkin ingin dibanggakan di hadapan lawan bicaramu. Tidak ada salahnya untuk menyertakan pencapaian secara singkat. 

Bagaimana Cara Memperkenalkan Diri Saat Interview Kerja?

Salah satu momen yang paling penting untuk memperkenalkan diri adalah ketika interview kerja. Tidak jarang, saat melakukan interview atau wawancara banyak orang merasa gugup. 

Namun agar wawancara berlangsung dengan baik, kamu bisa memperkenalkan dirimu dengan beberapa tips berikut :

Buat Rasa Nyaman 

Pertama, buat rasa nyaman dalam diri kamu nyaman terlebih dahulu, agar bisa mengendalikan rasa gugup. Jika kamu sudah merasa nyaman, maka kamu bisa lebih percaya diri saat memperkenalkan diri.

Ucapkan Salam Secara Singkat

Selanjutnya sapa pewawancara lalu berjabat tangan, supaya terkesan sopan. Ucapkan salam, sapa dengan penuh percaya diri dan ramah.

Memakai Bahasa Tubuh Secara Profesional

Dalam menggunakan narasi perkenalan diri ketika interview, kamu juga yang harus menggunakan Bahasa tubuh secara professional. Hal ini lantaran recruiter bisa memahami karakter orang lain lewat Bahasa tabuh.

Melalui bahasa tubuh secara professional ini, maka kamu dapat meyakinkan recruiter dalam memilih. Diantaranya seperti tersenyum dengan sopan dan ramah, lakukan kontak mata sewajarnya, pastikan agar gestur tubuh terlihat percaya diri.

 Mulai Memperkenalkan Nama

Saat wawancara awal, kamu biasanya diminta memperkanlkan diri. Mulailah memperkenalkan dirimu saat wawancara, dengan menyebutkan nama lengkap kamu berikut nama panggilan. 

Selalu perhatikan bagaimana gaya bicara yang kamu gunakan supaya pendengarmu tetap nyaman. Selain itu, jaga pula postur tubuh ketika memperkenalkan dirimu.

Ceritakan Latar Belakang dengan Singkat

Saat diminta menceritakan latar belakang, pastikan melakukannya secara singkat. Ingat, pastikan untuk tetap tenang dan percaya diri.

Itulah beberapa contoh narasi perkenalan diri yang bisa kamu praktekkan dalam berbagai kondisi dan situasi. Tidak perlu bertele-tele untuk memperkenalkan dirimu, cukup singkat dan jelas!

Posting Komentar

Posting Komentar