yTgHrJNGzV02Lg3RjKe6YGboXHd6n74ahZPu0z0D
Bookmark

Contoh Surat Izin Tidak Masuk PKL dari Orang Tua

Kamu yang sedang menjalankan program PKL (Praktek Kerja Lapangan), tapi karena ada keperluan mendesak maka kamu bisa melampirkan surat izin. Ada contoh surat izin tidak masuk PKL dari orang tua agar lebih meyakinkan yang bisa dibuat. 

Bagi kamu yang belum pernah izin tidak memasuki kegiatan PKL, wajib menuliskan atau membuat surat izin tidak masuk PKL dari orang tua. Tujuannya, agar pihak pimpinan PKL bisa mengetahui kenapa kamu tidak ikut kegiatan PKL.

Dengan membuat surat izin inilah, kamu tidak akan merugi dengan mendapat sanksi karena telah absen tanpa alasan. Untuk itu, penting sekali memahami contoh surat izin tidak masuk PKL dari orang tua. 

Contoh Surat Izin Tidak Masuk PKL dari Orang Tua

Apa Itu Praktik Kerja Lapangan?

Praktik Kerja Lapangan atau PKL adalah sebuah aktivitas pembelajaran dengan menempatkan para siswa atau mahasiswa di sebuah industri, instansi atau perusahaan.

PKL kerap disebut juga sebagai istilah magang, untuk jenjang sekolah menengah, biasanya hanya bisa dijumpau dakan jenjang pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Melalui aktivitas PKL ini, maka siswa akan memperoleh pengalaman di dunia kerja secara langsung sekaligus dapat memperkuat kemampuan atau kompetensi teknis dari siswa berdasarkan keahlian. 

Biasanya siswa akan langsung diantar guru pembimbing menuju tempat PKL, lalu dijemput lagi apabila kegiatan PKL sudah selesai. Selain itu, guru pembimbing nantinya akan memonitor paling tidak 2 kali dalam masa PKL. 

Para siswa yang melaksanakan PKL juga harus membuat laporan selama menjalani aktivitas PKL itu sendiri. Usai menyelesaikan PKL, maka siswa bakal menerima sertifikat PKL ditandatangani pihak Pimpinan PKL dan Kepala Sekolah.

Contoh Surat Izin Tidak Masuk PKL dari Orang Tua

Dalam prakteknya, aktivitas PKL tidak selalu dihadiri siswa setiap hari karena beberapa alasan. Seperti karena sakit atau ada keperluan yang sangat mendesak. Sehingga mengharuskan siswa untuk melakukan izin. 

Inilah kenapa banyak siswa yang tertarik mencari contoh surat izin tidak masuk PKL dari orang tua. Kita ketahui bahwa dengan surat izin ini dapat menunjukkan penghormatan terhadap kepentingan institusi. 

Ketika kamu membuat surat izin, maka pastikan memilih bahasa dengan singkat dan sopan. Tapi jangan pula terlalu formal atau berlebihan. Hal ini lantaran, tujuan surat izin ini yaitu memberitahukan atasan atau pimpinan PKL terkait ketidakhadiranmu.

Berikut contoh surat izin tidak masuk PKL dari orang tua!


Kepada Yth,

Pembimbing Lapangan Bapak Ardi Wahyudi, ST

Di 

Tempat


Assalamualaikum Wr Wb.

Dengan hormat, 

Kami sebagai orang tua/wali murid dari :

Nama        : Alfian Pratama

Alamat      : Jalan Pataruman Negara, Jakarta Selatan

No. Absen : 10


Dengan surat ini, kami memberitahukan kepada pihak pembimbing Lapangan Bapak Ardi Wahyudi, ST. bahwa anak kami sesuai data di atas tidak bisa mengikuti kegiatan PKL sebagaimana mestinya selama satu hari kerja. 

Hal ini karena sedang ada kepentingan keluarga mendesak dan tidak dapat ditinggalkan. Oleh sebab itu, kami meminta izin agar anak kami mendapatkan izin untuk tidak mengikuti aktivitas PKL.

Demikian surat ini kami sampaikan, saya ucapkan terima kasih atas perhatiannya.


Wassalamu'alaikum Wr.Wb



Homat Kami,


TTD




Aryani



Pentingnya Membuat Surat Izin Tidak Masuk PKL

Ada beberapa alasan, kenapa penting sekali mengirimkan surat izin tidak masuk PKL kepada pihak pembimbing lapangan. Antara lain : 

Sebagai Bukti Tanggung Jawab

Pertama, dengan adanya surat izin untuk tidak mengikuti kegiatan PKL adalah sebagai bukti bahwa kamu sebagai siswa yang mengikuti PKL telah bertanggung jawab.

Secara otomatis, kamu wajib memberitahukan pihak pembimbing lapangan bahwa kamu tidak dapat menghadiri PKL di hari tertentu. Dengan demikian, mereka tidak bisa menyesuaikan waktu dan aktivitas yang dilakukan. 

Menghindari Pelanggaran 

Dengan adanya surat izin untuk tidak masuk kegiatan PKL dapat membantu untuk menghindari pelanggaran yang terjadi. Contohnya jika kamu tidak meminta izin kepada pihak pembimbing terkait ketidakhadiranmu, maka hal tersebut akan dianggap melanggar tata tertib atau kebijakan yang berlaku. 

Untuk itu, jangan menyepelekan fungsi dari surat izin ini. Sebab membuat surat izin termasuk ke dalam bagian tanggung jawab sebagai siswa PKL. Maka dari itu, kamu harus membuat surat ini dengan baik kemudian berikan alasan kenapa kamu tidak dapat mengikuti PKL.

Alasan Tidak Bisa Mengikuti Kegiatan PKL

Perizinan umumnya diberikan ketika seseorang sedang sakit atau ada keperluan mendesak yang tidak bisa ditinggalkan. Akan tetapi, supaya izin kamu diakui pembimbing lapangan, maka wajib membuat surat izin tidak dapat mengikuti PKL. 

Membuat durat izin tidak masuk PKL sebetulnya bentuk tanggung jawab dan kesopanan dari siswa. Karena dalam surat izin ini, terdapat alasan kenapa kamu tidak hadir dan keterangan lamanya waktu tidak hadir.

Walaupun sebetulnya surat izin ini hanya sebagai formalitas, tapi adanya surat izin tidak masuk PKL juga memiliki peranan penting bagi kepentingan bersama.

Ada beberapa alasan kenapa harus membuat surat izin karena tidak masuk PKL, antara lain sakit, karena bencana alam, menjalankan ibadah untuk keperluan keagamaan, karena keluarga atau kerabat dekat meninggal dunia, dan lainnya. 

Apabila kamu tidak mempunyai surat izin ini, maka kamu harus siap dengan konsekuensinya. Pembimbing lapangan berhak memberikan sanksi tertentu. Maka dari itu, pastikan untuk selalu mengirimkan surat izin jika memang kamu tidak akan bisa mengikuti kegiatan PKL. 

Kesimpulan

Contoh surat izin tidak masuk PKL dari orang tua sangat penting sebagai bentuk penghormatan dan pemberitahuan kepada pembimbing lapangan atas ketidakhadiran kamu tidak mengikuti kegiatan PKL. 

Posting Komentar

Posting Komentar