yTgHrJNGzV02Lg3RjKe6YGboXHd6n74ahZPu0z0D
Bookmark

Contoh Surat Lamaran Kerja di Stand Makanan

 Mencari pekerjaan untuk lulusan SMA sebetulnya cukup mudah ditemukan saat ini, apalagi jika kamu tertarik bekerja di bidang kuliner. Dengan contoh surat lamaran kerja di Stand Makanan bisa membantumu untuk mendapatkan pekerjaan dengan mudah. 

Dengan banyaknya bisnis stand makanan di Indonesia, tentu saja semakin meningkatkan peluang bagi pencari kerja lulusan SMA atau di bawahnya untuk melamar pekerjaan ini. Karena bekerja di bidang ini memang tidak memerlukan kualifikasi pendidikan tinggi. 

Contoh Surat Lamaran Kerja di Stand Makanan

Mengenal Bisnis Stand Makanan

Stand makanan termasuk sejenis bidang usaha berbasis bisnis stand makanan yang biasanya dijajakan di berbagai tempat umum dan strategis. Umumnya pengelola Stand Makanan ini dilakukan hingga 2 orang tergantung dari skala bisnis resto itu sendiri. 

Apa Saja Tugas Penjaga Stand Makanan?

Sebelum mulai membahas contoh surat lamaran kerja di Stand Makanan, pastikan untuk mengetahui apa saja tugas penjaga stand makanan berikut ini : 

Persiapkan Stand Makanan Sebelum Berjualan

Supaya kamu tidak kebingungan saat pertama kali menjaga stand makanan, pertama persiapkan stand atau lapak outlet makanan terlebih dahulu sebelum berjualan.

Setelah itu, tata semua keperluan untuk berjualan. Seperti, menata makanan atau peralatan yang telah dibawa dan dipersiapkan. Tapi ingat, pastikan kondisi stand dalam keadaan bersih terlebih dahulu!

Bersihkan Lapak atau Stand Makanan

Supaya konsumen lebih nyaman saat membeli makanan yang dijajakan, pastikan kamu membersihkan stand makanan dan area sekitarnya.

Pastikan untuk selalu menjaga kebersihan stand makanan biar pembeli merasa betah saat berkunjung dan membeli makanan yang kamu jajakan. 

Memasak Makanan dan Mengemasnya

Penjaga atau pengelola stand makanan tentu saja bukan hanya menunggu pembeli datang tetapi juga untuk penjualan makanan atau minuman tertentu kamu harus mengolahnya terlebih dahulu.

Selain memasak dan mengolah makanan yang dijual, kemas makanan dengan rapi.

Berikan Pelayanan yang Baik dan Ramah

Tugas penjaga stand makanan selanjutnya yaitu memberikan pelayanan yang sopan, ramah dan baik kepada pelanggan yang membeli makanan di tempatmu. 

Saat melayani pelanggan atau pembeli, pastikan untuk selalu memberi senyuman dan bersikap ramah. Sehingga mereka merasa nyaman saat membeli makanan yang kamu tawarkan.

Harus Selalu Standby

Saat jam operasional atau bekerja, pastikan untuk selalu berjaga dan standby meski belum ada pembeli atau pelanggan yang membeli jajanan. Ingat, jangan terlalu lama apalagi sering-sering meninggalkan outlet apabila tanpa pengganti.

Sebagian owner mungkin tidak masalah jika kamu memainkan hp sembari menjaga outlet, namun sebagian lagi ada yang melarang untuk jangan bermain game atau hp ketika sedang menjaga stand. 

Menjajakan Stok Produk di Stand dan Membuatnya

Untuk menjajakan produk yang dijual, ada beberapa stand yang mengharuskan kamu membuat stok produk makanan terlebih dahulu untuk dijual dan dijajakan. 

Maka dari itu, buat terlebih dahulu stok makanan lalu jajakan produk tersebut dan tata dengan rapi. 

Tutup Stand Makanan Ketika Jam Operasional Sudah Selesai

Jika jam operasional telah selesai selanjutnya kamu harus membereskan stand makanan untuk menutup stand dan pulang. Jangan lupa untuk merapikan semua peralatan dan barang-barang lalu kemas lagi.

Biasanya jam operasional untuk menutup stand makanan antara jam 4 sore sampai jam 7 malam atau tergantung dari ownernya. 

Contoh Surat Lamaran Kerja di Stand Makanan

Meskipun pekerjaan di stand makanan tidak memerlukan kualifikasi dengan persyaratan tinggi, tetapi kamu juga harus membuat surat lamaran kerja yang baik.

Berikut ini ada contoh surat lamaran kerja di Stand Makanan yang bisa menjadi bahan referensi!


Kepada Yth

Manajer Stand Makanan/Owner Stand Makanan

Di Tempat


Dengan hormat, 


Berdasarkan lowongan kerja untuk menjaga Stand Makanan yang diiklankan dari situs web Anda, Saya tertarik melamar pekerjaan sebagai penjaga Stand Makanan.

Saya memiliki pengalaman mengelola dan menjaga Stand Makanan. Selain itu, saya juga mempunyai keterampilan memasak dengan baik, 

Saya juga mempunyai keterampilan berkomunikasi dengan baik bersama pelanggan. Selain itu, dapat memastikan kepuasan  pelanggan berdasarkan layanan yang diberikan. 

Saya merasa sangat tertarik bekerja sebagai penjaga stand makanan yang Anda tawarkan karena saya rasa inilah kesempatan bagi saya untuk bisa belajar sekaligus berkembang di industri makanan maupun minuman.

Terima kasih atas waktu dan perhatian Anda, saya sangat berharap mendapat kesempatan untuk bisa mengikuti tahapan seleksi selanjutnya sebagai karyawan di Stand Makanan Anda. 



Hormat Saya,




(Nama Kamu)


Bagaimana Agar Diterima Kerja di Stand Makanan?

Setelah memahami contoh lamaran kerja di Stand makanan di atas, ada beberapa tips dan trik agar kamu bisa diterima kerja di Stand makanan berikut ini : 

Ketahui dan Pelajari Jenis Makanan yang Dijual

Sebelum kamu melamar pekerjaan di salah satu stand makanan, sebaiknya teliti terlebih dahulu apa yang dijual di stand makanan tersebut. 

Ketahui pula bagaimana gaya pelayanan dan harga yang ditetapkan. Tujuannya supaya kamu dapat menyesuaikannya dengan surat lamaran yang dibuat. 

Menunjukkan Skill

Dalam surat lamaran kerja, pastikan kamu menunjukkan skill atau keterampilan yang kamu punya. Sebaiknya tunjukkan keterampilan atau skill memasak yang kamu punya. Selain itu kemampuan berkomunikasi dan pengalaman lainnya.

Sertakan Alasan Kenapa Kamu Tertarik

Kamu juga harus menyertakan alasan kenapa kamu tertarik bekerja di stand makanan tersebut.

Kesimpulan

Nah, itulah pembahasan contoh lamaran kerja di Stand makanan dan beberapa tugas yang perlu kamu ketahui jika bekerja di stand makanan. Jangan lupa ikuti tips dan triknya agar kamu diterima bekerja di stand makanan!

Posting Komentar

Posting Komentar