yTgHrJNGzV02Lg3RjKe6YGboXHd6n74ahZPu0z0D
Bookmark

Contoh Surat Permohonan Bantuan Dana

Pengajuan bantuan dana bisa dijadikan sebagai solusi untuk mendapatkan sumber dana guna keperluan tertentu. Maka penting sekali mengetahui contoh surat permohonan bantuan dana.

Melalui pengajuan bantuan dana untuk acara ke sponsor misalnya, maka bisa membuat sponsor yakin dalam memberikan sejumlah uang atau dana yang anda ajukan.

Di samping untuk keperluan bantuan dana kegiatan tertentu, surat permohonan bantuan dana juga bisa digunakan dalam mengajukan dana untuk keperluan layanan masyarakat dan modal usaha. 

Contoh Surat Permohonan Bantuan Dana

Mengenai Surat Permohonan Bantuan Dana

Bantuan resmi dapat diperoleh dengan mengirimkan pengajuan atau permohonan terlebih dahulu. Adapun jenis bantuan ini seringkali berbentuk bantuan dana, meskipun tidak selalu untuk keperluan ini. 

Namun jika anda memerlukan bantuan dana, sebaiknya lampirkan pula proposal sebagai penguat. 

Contoh permohonan bantuan dana, adalah permohonan untuk bantuan dana yang dibutuhkan dalam pembangunan. Misalnya, pembangunan masjid, pembangunan panti asuhan dan masih banyak lagi. 

Permohonan pengajuan bantuan dana juga biasanya digunakan jika pihak tertentu ingin menyelenggarakan sebuah kegiatan, ini biasanya disebut dengan pengajuan bantuan dana untuk kegiatan.

Seperti karang taruna yang ada di kelurahan atau desa hendak mengadakan acara untuk memperingati HUT Kemerdekaan RI yang memerlukan dana dalam jumlah besar. 

Dengan kata lain, permohonan untuk bantuan dana sendiri menjangkau banyak aspek dan bidang yang bisa jadi jarang dijumpai. Selain itu, tujuan permohonan bantuan dana juga berbeda-beda, biasanya tergantung kebutuhan.

Cara Membuat dan Contoh Surat Permohonan Bantuan Dana

Berikut ini ada beberapa contoh surat permohonan bantuan dana yang bisa dijadikan bahan pertimbangan :

Surat Permohonan Bantuan Dana Keperluan Pembangunan Masjid

Kop Surat Panitia Masjid


Tasikmalaya, 03 April 2023


Nomor     : 99/MAI/PBD/04/2023

Perihal     : Permohonan Untuk Bantuan Dana

Lampiran : 1 Bundel Proposal


Kepada Yth,

Bapak Bupati Tasikmalaya

di

Tempat


Assalamu'alaikum wr.wb.

Dengan hormat, 


Sehubungan dengan dimulainya pembangunan Masjid Al-Amin oleh Panitia Pembangunan Masjid, di bulan April 2023 s/d selesai yang berada di Jalan Merbabu No. 104, Kelurahan Cintaraja, Singaparna. Dengan ini, kami selaku Panitia Pembanguan Masjid bermaksud untuk mengajukan bantuan dana kepada Bapak Bupati Tasikmalaya, untuk terselenggaranya pembangunan masjid. Bersamaan dengan surat ini, maka kami lampirkan satu bundel proposal bantuan dana pembangunan masjid. 

Demikian surat permohonan untuk bantuan dana kami buat, serta kami sampaikan dengan kondisi yang sebenarnya. Kami ucapkan terima kasih atas partisipasi dan perhatian Bapak Bupati Tasikmalaya. Semoga amal kebaikan Bapak mendapat keberkahan dari Allah SWT.


Wassalamu'alaikum wr.wb. 



Hormat Kami,


Ketua Pembangunan Masjid Al-Amin,



Muhammad Syamsudin


Contoh Surat Permohonan Bantuan Dana Untuk Keperluan Kegiatan HUT RI

Selain contoh surat permohonan bantuan dana pembangunan masjid, surat permohonan bantuan dana juga bisa diajukan untuk keperluan kegiatan. 


Salah satunya adalah untuk keperluan bantuan dana kegiatan HUT Kemerdekaan RI. Berikut ulasannya : 

Kop Surat Karang Taruna


Singaparna, 01 Agustus 2023


Nomor    : 83/KTBJ/08/2023

Perihal    : Permohonan Bantuan Dana

Lampiran : 1 Lembar Rincian Biaya


Kepada Yth,

Bapak/Ibu/Sdr/i Warga Cintaraja

Kelurahan Cintaraja

di 

Tempat


Dengan hormat,


Mengingat dalam waktu dekat akan menyelenggarakan acara HUT RI Kemerdekaan 2023, kami dari perwakilan Karang Taruna Cintaraja bermaksud dan telah menyusun rencana untuk kegiatan lomba dalam rangka memeriahkan HUT RI Kemerdekaan yang akan dilaksanakan dari tanggal 15 Agustus 2023 - 18 Agustus 2023 bertempat di Lapangan desa Cinta raja dengan berbagai macam lomba yang diikuti oleh warga Cintaraja.

Sehubungan adanya acara tersebut, maka bersama ini kami bermaksud untuk mengajukan permohonan bantuan dana kepada Bapak/Ibu/Sdr/i warga Kelurahan Cintaraja. Tentu saja bantuan yang diberikan Bapak/Ibu/Sdr/i sangat berarti untuk kelancaran kegiatan ini. 

Demikian surat pengajuan permohonan bantuan dana yang kami buat dan telah kami sampaikan. Kami ucapkan terimakasih atas partisipasi dan bantuannya. 



Hormat Kami, 

Ketua Karang Taruna Singaparna,



Andi Sopandi


Tips Pembuatan Surat Permohonan Bantuan Dana

Berdasarkan contoh surat permohonan bantuan dana di atas, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, antara lain :

Identitas dari Pemohon

Ketika anda mengajukan permohonan bantuan dana secara pribadi, maka wajib mencantumkan identitas anda. Jika permohonan ini dibuat atas perwakilan organisasi atau instansi, sebutkan pula nama organisasinya. Tujuannya, supaya pihak pendana tidak bingung dana tersebut akan disalurkan kemana.

Isi Permohonan Pengajuan Dana

Sampaikan isi dari permohonan pengajuan dana menggunakan tata bahasa dengan singkat, ramah dan jelas. Penggunaan kalimat atau kata-kata yang sopan dan jelas bisa memberikan pertimbangan dari pihak pemberi dana yang dituju.

Berikan Alasan atau Tujuan Permohonan yang Jelas

Sampaikan alasan atau tujuan permohonan pengajuan dana dengan jelas. Alasan yang kamu berikan harus benar-benar jelas dan jujur. 

Sertakan Batas Waktu Jawaban

Apabila permohonan yang anda ajukan berhubungan dengan waktu tertentu, misalnya permohonan pengajuan bantuan dana, Anda bisa menyampaikan batas atau jangka waktu jawaban pihak yang dituju.

Pernyataan Kesungguhan

Di bagian akhir atau penutup surat permohonan bantuan ini dapat dituup dengan pernyataan jika permohonan ini dibuat dengan ucapan yang sebenar-benarnya, serta tanpa ada niat terselubung atau unsur negatif apapun.

Selain itu, sertakan pula proposal perihal bantuan dana disertai rincian dana untuk kegiatan dan nominal dana yang diperlukan agar biaya terlaksananya kegiatan yang dimaksud bisa terpenuhi. 

Kesimpulan

Itulah contoh surat permohonan bantuan dana yang dapat anda sampaikan untuk kebutuhan penyelenggaraan kegiatan besar atau pembangunan fasilitas publik seperti Masjid.

Posting Komentar

Posting Komentar