yTgHrJNGzV02Lg3RjKe6YGboXHd6n74ahZPu0z0D
Bookmark

Jelaskan Hubungan Antara Modernisasi dengan Perkembangan Teknologi

Di bawah ini jawaban dari jelaskan hubungan antara modernisasi dengan perkembangan teknologi. Hubungan dari modernisasi dengan perkembangan teknologi cukup erat dan juga berkaitan satu dengan yang lainnya. Modernisasi sebenarnya adalah proses perubahan di masyarakat yang berkaitan dengan pengembangan di sejumlah aspek kehidupan.

Salah satunya adalah berkaitan dengan perkembangan teknologi yang sudah kita rasakan selama ini. Contoh hubungan adanya modernisasi dengan perkembangan teknologi adalah masyarakat bisa terbuka dengan adanya perkembangan teknologi. Berikut ini beberapa contoh hubungan modernisasi dengan perkembangan teknologi lainnya.

Jelaskan Hubungan Antara Modernisasi dengan Perkembangan Teknologi

Hubungan Modernisasi dengan Perkembangan Teknologi

Hubungan modernisasi dengan perkembangan teknologi yang bisa dilihat di dalam kehidupan masyarakat adalah:

Alat untuk Modernisasi

Adanya perkembangan teknologi dapat dimanfaatkan sebagai alat untuk modernisasi di suatu negara. Pemanfaatan teknologi dengan baik bisa meningkatkan produktivitas dan efisiensi di sejumlah sektor, seperti industri, pertanian dan juga layanan. Pemanfaatan teknologi informasi dapat meningkatkan komunikasi dan konektivitas antar wilayah, memfasilitas akses hingga pasar global, mempercepat pertukaran informasi dan lainnya.

Bisa kita lihat saat ini sudah banyak bidang atau aspek di Indonesia yang semakin maju. Di bidang pertanian juga sangat berpengaruh adanya perkembangan teknologi seperti contohnya mempercepat pekerjaan para petani sehingga bisa meringankan kerja mereka. Perkembangan teknologi juga berdampak pada peningkatan hasil produksi pada bidang pertanian.

Mendorong Perkembangan Teknologi

Modernisasi juga bisa jadi pendorong perkembangan teknologi di dalam kehidupan masyarakat. Saat masyarakat mengalami modernisasi, maka akan terjadi peningkatan di sejumlah akses, seperti sumber daya, pendidikan dan pengetahuan. Hal ini dapat mendorong kemunculan ilmuan lebih banyak, insinyur dengan pengetahuan serta kemampuan dalam mengembangkan teknologi baru.

Bisa kita rasakan saat ini dengan perkembangan teknologi banyak kemudahan yang terjadi seperti contohnya di bidang komunikasi. Masyarakat dapat berkomunikasi dengan teknologi digital yang lebih canggih. Kecepatan mendapatkan informasi juga bisa didapatkan sehingga Anda tidak akan ketinggalan dan kehabisan informasi baru dengan adanya modernisasi.

Inovasi Baru

Jawaban jelaskan hubungan antara modernisasi dengan perkembangan teknologi lainnya adalah adanya inovasi baru. Khususnya adalah inovasi di bidang teknologi yang mulai dirasakan oleh masyarakat. Inovasi bisa diciptakan jika adanya modernisasi sebagai pendukung infrastrukturnya dengan baik. Saat masyarakat dan pemerintah bisa mendorong inovasi di sejumlah sektor, maka mereka bisa mencapai kemajuan yang lebih efektif dan cepat untuk mencapai tujuan modernisasi tersebut.

Semua hal ini merupakan bagian dari adanya modernisasi yang kita rasakan. Manfaatnya adalah bisa menciptakan lingkungan yang lebih kondusif dalam mengembangkan teknologi. Inovasi-inovasi baru bisa ditemukan oleh ilmuwan bahkan masyarakat biasa dengan adanya modernisasi, khususnya di bidang teknologi.

Modernisasi Infrastruktur untuk Perkembangan Teknologi

Adanya modernisasi infrastruktur bisa mendukung perkembangan teknologi di suatu negara. Agar bisa mengadopsi teknologi baru, biasanya akan membutuhkan modernisasi infrastruktur. Modernisasi infrastruktur sudah bisa kita lihat di berbagai aspek dan bahkan sudah merata di sejumlah tempat di Indonesia.

Contoh modernisasi infrastruktur yang bisa dijumpai adalah adanya peningkatan jaringan listrik, komunikasi, transportasi dab juga akses teknologi digital. Hal ini masuk ke dalam bagian modernisasi yang bisa menciptakan lingkungan secara kondusi dalam perkembangan teknologi.

Memfasilitasi Modernisasi di Sektor Tertentu

Peran teknologi adalah untuk memfasilitasi modernisasi di sejumlah sektor. Ada beberapa sektor berkat adanya perkembangan teknologi, seperti pendidikan dan kesehatan yang bisa kita lihat sangar pesat melalui adopsi teknologi. Pemanfaatan perangkat medis yang canggih, platform pendidikan online dan sistem informasi kesehatan termasuk contoh bagaimana teknologi dapat berkontribusi dengan modernisasi di sejumlah sektor.

Kita bisa merasakan mudahnya memanfaatkan di bidang pendidikan dan kesehatan. Contohnya di bidang pendidikan, siswa bisa belajar lebih efektif dan mudah dengan bantuan peralatan elektronik yang memadai. Di bidang kesehatan juga dimudahkan dalam mengakses informasi rekam jejak pasien dengan bantuan teknologi yang canggih.

Adanya Perubahan Sosial

Perkembangan teknologi pada proses modernisasi juga memberikan dampak terhadap perubahan sosial. Adanya perkembangan teknologi dapat membawa perubahan sosial secara signifikan. Saat teknologi baru muncul dapat mempengaruhi cara berkomunikasi atau berinteraksi di kehidupan masyarakat. Mereka bisa berinteraksi dengan orang lain secara tidak langsung dan jauh lebih praktis.

Pemanfaatan teknologi digital, seperti gadget berpengaruh besar terhadap perubahan sosial karena mereka bisa berkomunikasi dengan lancar tanpa ada batasan waktu dan ruang. Hal ini sangat penting demi mencapai tujuan modernisasi yang menyeluruh. Terlebih lagi kemunculan media sosial yang bisa membawa perubahan besar di masyarakat dan bisa mempengaruhi cara berinteraksi, berkomunikasi dan bekerja.

Mempercepat dan Memudahkan Kegiatan Sehari-hari

Hubungan modernisasi dengan perkembangan teknologi juga berpengaruh terhadap kemudahan kegiatan sehari-hari. Contohnya adanya aplikasi chat online yang banyak digunakan masyarakat saat ini sehingga memudahkan dalam berkomunikasi dengan orang lain bahkan dengan orang yang ada di seluruh dunia dengan hitungan detik.

Namun, dengan adanya modernisasi masyarakat akan dituntut belajar cara memakai teknologi baru dengan baik. Hal ini jadi tantangan baru tersendiri, khususnya bagi generasi yang belum terbiasa dengan teknologi. Mereka dituntut untuk mengikuti perkembangan teknologi dan tentunya ini bukan hal yang mudah.

Beberapa contoh spesifikasi teknologi yang berkaitan dengan modernisasi adalah kamera dengan resolusi tinggi, Sistem Operasi (Android, iOS, Windows), baterai dengan daya tahan lama dan masih banyak lagi yang lainnya.

Nah, itulah jawaban dari jelaskan hubungan antara modernisasi dengan perkembangan teknologi yang bisa kita dapatkan dan sebaiknya harus dimanfaatkan dengan baik agar tidak memberikan dampak negatif.

Posting Komentar

Posting Komentar