yTgHrJNGzV02Lg3RjKe6YGboXHd6n74ahZPu0z0D
Bookmark

Surat Pengunduran Diri dari Organisasi Pramuka

Kamu yang ikut organisasi pramuka sebagai ekstrakurikuler mungkin bingung sedang mencari contoh surat pengunduran diri dari organisasi Pramuka. Jangan risau, kami akan bagikan contohnya di sini!

Surat pengunduran diri bukan hanya berlaku di dunia kerja saja, tetapi juga dalam dunia organisasi. Meskipun hanya organisasi di sekolah, tetap saja untuk memberikan kesan yang positif dengan menggunakan surat pengunduran diri.

Membuat surat pengunduran diri dari organisasi Pramuka sebenarnya bisa dilakukan dengan mudah. Namun bagi yang belum berpengalaman, bisa lihat contoh surat pengunduran diri dari organisasi pramuka. 

Surat Pengunduran Diri dari Organisasi Pramuka

Apa Itu Pramuka?

Pramuka termasuk salah satu ekstrakurikuler di sekolah berbasis pendidikan kepanduan. Kependekan Pramuka sendiri yaitu Praja Muda Karana dan memiliki arti orang muda gemar berkarya. 

Selain Pramuka, organisasi ini juga dikenal dengan istilah "Kepramukaan" atau "Gerakan Pramuka". 

Gerakan Pramuka merupakan sebutan bagi organisasi pramukja, yakni sebagai organisasi yang bersifat non formal dengan menyelenggarakan pendidikan kepanduan atau kepramukaan ke setiap anggotanya yang ada di Indonesia.

Tujuan dari adanya gerakan Pramuka sendiri yaitu demi membentuk anggota Pramuka yang mempunyai kepribadian bertakwa, beriman, berjiwa patriot, berakhlak mulia, disiplin, taat terhadap hukum dan menjunjung nilai luhur kehidupan berbangsa dan bernegara. 

Contoh Surat Pengunduran Diri dari Organisasi Pramuka

Surat pengunduran diri dari organisasi pramuka merupakan sebuah surat resmi dari anggota Pramuka yang mengundurkan diri sebagai anggota Pramuka. Biasanya surat ini dibuat jika ada anggota Pramuka mengundurkan diri karena alasan tertentu, baik itu alasan pribadi maupun kesibukan. 

Berikut ini ada contoh surat pengunduran diri dari organisasi Pramuka sebagai referensi!


Kepada Yth,

Ketua Organisasi Pramuka

SMAN 15 Jakarta

Di Tempat



Yang bertanda tangan di bawah ini, Saya :

Nama        : Ati Rohayati

Kelas        : XI IPA 1

Jabatan     : Sekretaris


Berdasarkan surat ini, saya memberitahukan pengajuan untuk pengunduran diri saya sendiri dari organisasi Pramuka SMAN 15 Jakarta dari akhir Januari 2023.

Sebelumnya, saya ucapkan terima kasih atas semua pengalaman yang telah saya dapatkan selama di Organisasi Pramuka SMAN 15 Jakarta.

Saya juga memohon maaf apabila ada perbuatan yang tidak berkenan yang telah saya lakukan dan memberikan dampak terhadap organisasi Pramuka. 

Saya berharap semoga ke depannya anggota Pramuka SMAN 15 Jakarta semakin maju dan berprestasi, sekaligus sebagai organisasi terbaik yang menjadi contoh organisasi-organisasi lainnya.



Hormat Saya, 




Ati Rohayati.



Pentingnya Menyerahkan Surat Pengunduran Diri dari Anggota Pramuka

Jika kamu termasuk salah satu anggota Pramuka dan ingin berhenti dari organisasi Pramuka, sudah seharusnya menyerahkan surat pengunduran diri. Karena cara ini lebih terhormat sekaligus menandakan bahwa kamu menghargai organisasi Pramuka. 

Selain itu, adanya surat pengunduran diri ini memberitahukan kepada pihak organisasi jika kamu ingin bertindak berdasarkan aturan dan ketentuan yang telah ditetapkan. Hal tersebut juga harus dilakukan supaya pihak Pramuka dapat menghitung keanggotaannya lagi.

Kemana Surat Pengunduran Diri dari Anggota Pramuka Dikirimkan?

Jika kamu sudah membuat surat pengunduran diri dari Pramuka, maka selanmjutnya tinggal menyerahkannya ke organisasi Prauka. Surat ini biasanya dikirim langsung ke pihak ketua Pramuka di Gugus Depan atau Wilayah masing-masing. 

Tips dan Trik Membuat Surat Pengunduran Diri Organisasi Pramuka

Di bawah ini ada beberapa tips yang perlu kamu coba untuk membuat surat pengunduran diri dari Pramuka, antara lain :

  1. Buat surat menggunakan bahasa yang jelas dan sopan, lalu tambahkan alasan kenapa kamu ingin mengundurkan diri dari Pramuka.
  2. Tambahkan tanggal dan waktu pengunduran diri, beserta waktu kamu ikut berpartisipasi terakhir kali dalam Pramuka.
  3. Kirimkan fotokopi surat pengunduran diri organisasi ke sekretaris atau ketua pramuka di wilayah maupun gugus depan. Tanda tangani serta cantumkan nama kamu1
  4. Jika sudah mengirimkan surat, pastikan kamu menghubungi pihak perwakilan organisasi Pramuka lalu beritahukan jika kamu telah membuat dan mengirimkan surat untuk pengunduran diri.

Kelebihan Mengikuti Organisasi Pramuka

Ada beberapa kelebihan dan manfaat mengikuti organisasi Pramuka, berikut ini :

Mengajarkan Takwa Kepada Tuhan YME

Berdasarkan dasa dharma yang pertama, yakni Takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dari poin ini Pramuka mengajarkan seluruh anggota pramuka untuk bertakwa kepada Tuhan.

Tanggung Jawab

Dalam organisasi Pramuka, para anggota Pramuka juga akan dilatih rasa tanggung jawab terhadap organisasinya. Adapun tanggung jawab di sini terhadap diri sendiri, orang tua, masyarakat, bangsa dan negara. 

Kebersamaan

Salah satu nilai yang diterapkan dalam Pramuka adalah kebersamaan. Dalam pramuka, kamu diajarkan mempunyai rasa kebersamaan tinggi. Karena dalam kegiatan Pramuka, para anggotanya mengharuskan untuk makan bersama-sama, tidur bersama-sama, mendirikan tenda bersama-sama dan lainnya.

Karena itulah, akan tumbuh rasa kesetiakawanan dan persaudaraan dalam Pramuka yang begitu erat tanpa pandang bulu.

Kemandirian

Mengikuti organisasi Pramuka juga melatih kemandirian para anggota. Karena salah satu dari tujuan pramuka ini yaitu membentuk kemandirian. 

Misalnya, saat kamu ikut dalam kegiatan kemah. Dalam aktivitas ini, biasanya para anggota dilarang menggunakan laptop, ponsel dan listrik. Selanjutnya, kamu juga harus mampu mencuci baju sendiri dan juga masak sendiri.

Menjadi Pemimpin

Dalam kepramukaan, kamu juga dilatih tentang kepemimpinan atau leadership. Baik laki-laki maupun perempuan yang ikut organisasi Pramuka akan dilatih kepemimpinan. Sehingga wajar jika para anggota Pramuka memiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi. Sehingga kelak bisa diimplementasikan dalam kehidupan bermasyarakat dan di lingkungan kerja

Tidak Bersikap Egois

Ketika kamu mengikuti kegiatan Pramuka, kamu akan dilatih untuk selalu mementingkan kepentingan bersama. Dengan begitu, para anggota Pramuka tidak bersikap egois terhadap dirinya sendiri.

Kesimpulan

Dengan nilai-nilai yang ditanamkan dalam organisasi Pramuka, rasanya tidak ada alasan untuk tidak mengikuti organisasi ini. Namun jika dirasa kamu sudah harus fokus belajar karena sebentar lagi kuliah atau karena alasan lain bisa mengundurkan diri. Dengan cara mengirimkan surat pengunduran diri dari organisasi Pramuka.

Posting Komentar

Posting Komentar