yTgHrJNGzV02Lg3RjKe6YGboXHd6n74ahZPu0z0D
Bookmark

4 Contoh Future Plan Setelah Lulus SMA Sebagai Bahan Referensi

Future plan bagi setiap orang sangat penting, karena dapat menentukan kualitas hidup yang lebih baik terutama bagi kaum milenial. Membangun rencana masa depan harus dilakukan dari sejak sekolah. Karena itu, di sini kita akan membahas contoh future plan setelah lulus SMA sebagai referensi.

Persaingan di dunia kerja yang semakin ketat tidak lantas membuat kita hanya menerima alur kehidupan begitu saja. Untuk meraih kesuksesan hidup seseorang butuh perencanaan yang benar-benar matang. Apa yang kamu rencanakan hari ini akan menjadi penentu di masa depan.

Masa setelah lulus SMA sendiri bukan masa-masa untuk bersantai, melainkan harus mulai merencanakan hal apa yang akan dilakukan ke depan. Seperti, apakah ingin melanjutkan kuliah atau mungkin mencari kerja. Jika kuliah, lantas memilih jurusan apa yang ingin kamu ambil sesuai dengan bidang ilmu yang kamu kuasai. Simak terus pembahasan contoh future plan setelah lulus SMA disini!

Contoh Future Plan setelah Lulus SMA

Apa Itu Future Plan?

Future plan, istilah bahasa Inggris ini memiliki pengertian sebagai rencana masa depan atau rencana ke depan. Banyak generasi muda yang abai terhadap hal ini, sehingga tidak sedikit yang sulit untuk meraih kesuksesan karena tidak mampu berkompetisi di dunia yang kompetitif.

Jika kamu termasuk orang yang peduli dengan kesuksesanmu di masa depan, sudah harus menyusun future plan dari sekarang. Setelah melewati bangku sekolah SMA, kamu harus mulai merencanakan hal-hal apa saja yang ingin diambil dan kamu bisa berdiskusi bersama kedua orang tuamu. 

Untuk melanjutkan kuliah sendiri, kamu juga harus punya target nilai yang wajib dipenuhi. Karena kamu harus bersaing dengan calon mahasiswa lainnya yang juga ingin melanjutkan ke bangku kuliah. 

Ini Dia Contoh Future Plan Setelah Lulus SMA

Sebagai referensi atau bahan pertimbangan, kamu bisa menggunakan contoh future plan setelah lulus SMA di bawah ini :

1. Mencari Pekerjaan Untuk Melanjutkan Kuliah

Setiap orang pastinya memiliki plan tersendiri setelah lulus SMA. Ada yang langsung melanjutkan kuliah karena orang tuanya sanggup menyekolahkan anaknya ke jenjang yang lebih tinggi. 

Namun ada pula yang harus menunda untuk kuliah karena keterbatasan biaya. Jika orang tuamu belum bisa membiayai pendidikan di perguruan tinggi, mungkin kamu berencana untuk mencari kerja terlebih dahulu.

Tentu saja, mencari pekerjaan sesudah lulus SMA tidaklah mudah. Hal ini lantaran pengalaman dan skill yang kamu punya terbatas. Tapi bukan berarti tidak bisa, kamu tetap bisa mencoba cari pekerjaan untuk membiayai kuliahmu jika memang niatmu untuk melanjutkan ke bangku kuliah.

Kamu bisa mulai mencari-cari lowongan pekerjaan untuk lulusan SMA. Ada banyak media yang bisa kamu gunakan untuk mencari lowongan di internet, baik itu melalui situs pencari lowongan kerja maupun lewat media sosial. Persiapkan dari sekarang, apa saja yang harus kamu penuhi untuk bisa melamar pekerjaan tersebut. 

Ke depannya, jika kamu sudah bisa mengumpulkan uang dengan cukup untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi bisa langsung mendaftar untuk kuliah. 

2. Ingin Langsung Kuliah di Universitas Ternama di Indonesia

Contoh future plan setelah lulus SMA selanjutnya, kamu mungkin ingin langsung melanjutkan kuliah di universitas ternama di Indonesia. Setiap orang tentu memiliki keinginan untuk menempuh pendidikan di kampus bergengsi. Tapi tentu saja masuk ke perguruan tinggi favorit itu tidaklah mudah. 

Oleh karena itu, kamu harus benar-benar mempersiapkan diri untuk berkompetisi bersama sekian banyak orang agar bisa masuk ke kampus tersebut. Caranya, kamu harus belajar lebih giat lagi untuk menempuh ujian masuk ke perguruan tinggi pilihanmu. 

Sering-sering berlatih mengerjakan soal-soal ujian masuk perguruan tinggi SNBT. Silahkan mulai cari soal-soal SNBT di internet atau membeli buku latihan SNBT yang tersedia di outlet-outlet buku. Kerjakan soal-soalnya. 

Untuk soal-soal yang keluar modelnya tidak akan jauh dari soal-soal latihan yang kamu pelajari di buku SNBT. Mulai atur jadwal untuk belajar, beristirahat dan kurangi waktu untuk bermalas-malasan. 

3. Mengambil Program Studi Kuliah yang Diinginkan

Jika setelah lulus SMA kamu ingin segera kuliah, ada banyak hal yang harus dipersiapkan. Mulai dari apa jurusan yang ingin kamu ambil. Ini sangat penting untuk langkah selanjutnya. Karena bagaimanapun, kamu harus memilih prodi atau program studi yang kamu inginkan sesuai minat dan bakat yang kamu punya. 

Ingat, memilih jurusan kuliah sesuai passion adalah hal terpenting yang bisa membuatmu tetap semangat menjalani perkuliahan. Misalnya bidang yang kamu kuasai dan sukai ada di mata pelajaran sains, maka carilah jurusan yang memang berkaitan dengan sains.

Jika kamu lebih suka bergelut dengan materi atau bidang pendidikan sains, bisa memilih jurusan pendidikan biologi, fisika atau kimia. Tapi jika passion kamu ternyata lebih menyukai tantangan di lapangan, bisa mencoba masuk ke fakultas teknik. 

Fakultas teknik juga akan terbagi lagi ke dalam beberapa bagian, misalnya teknik kimia, teknik metalurgi, teknik pangan, teknik sipil, elektro, mesin dan masih banyak lagi. Silahkan pilih mana yang memang menjadi passion atau minatmu. Selanjutnya, kamu bisa mencari mana kampus yang menyediakan jurusan yang akan kamu pilih tersebut. 

4. Menjadi Pengusaha Sukses dengan Menjalankan Usaha

Tidak ada salahnya jika berencana menjadi wirausaha. Hal ini karena minat setiap orang pasti berbeda. Jika sebagian yang lain tertarik berkuliah di kampus-kampus bergengsi. Sebagian lainnya bisa saja lebih tertarik menjalankan wirausaha. Ada banyak alasan yang menyertai hal ini.

Bisa jadi, alasanmu ingin menjalankan usaha karena faktor kebutuhan atau mungkin karena kamu menyukai bidang ini. Semuanya tergantung dari pilihan masing-masing. Yang pasti, contoh future plan setelah lulus SMA ini bisa dijadikan sebagai pertimbangan. Jika ternyata ingin menjadi pengusaha sukses, tentukan usaha apa yang memang ingin kamu ambil. Dan lagi-lagi harus sesuai passion!

Kesimpulan

Itulah beberapa contoh future plan setelah lulus SMA yang bisa dijadikan bahan pertimbangan. Mungkin kamu punya plan yang berbeda dari future plan di atas. Karena setiap orang memiliki keinginan atau rencana yang ingin dicapai. Jadi setiap keinginan orang pasti berbeda antara satu sama lain.

Posting Komentar

Posting Komentar