yTgHrJNGzV02Lg3RjKe6YGboXHd6n74ahZPu0z0D
Bookmark

Contoh Surat Permohonan Bantuan Dana Pendidikan ke Baznas

Salah satu cara untuk meminta bantuan dana pendidikan adalah dengan mengajukannya ke Baznas (Badan Amil Zakat Nasional). Karena itulah, pentingnya mengetahui contoh surat permohonan bantuan dana ke Baznas. 

Baznas sendiri adalah sebuah lembaga yang mempunyai peranan penting untuk menyalurkan infak, sedekah dan zakat dari masyarakat untuk yang membutuhkan. Jika ingin menerima bantuan, maka Anda harus mengajukan permohonan terlebih dahulu dengan tepat.

Contoh Surat Permohonan Bantuan Dana Pendidikan ke Baznas

Apa Itu Baznas?

Baznas sendiri adalah sebuah lembaga yang dibentuk pemerintah untuk menyalurkan dan mengelola dana zakat, sedekah dan infak dari masyarakat. Untuk kemudian disalurkan kepada orang yang membutuhkan.

Baznas juga biasanya bekerja bersama berbagai organisasi sosial, lembaga keagamaan dan instansi pemerintah. Baznas bisa menjangkau masyarakat lebih banyak lagi yang memerlukan bantuan.

Selain itu, Baznas juga punya peranan penting untuk mengelola uang zakat yang sudah diterima. Lembaga ini mengumpulkan, mendistribusikan, serta mengelola uang zakat dengan transparan dan profesional. 

Tujuannya adalah demi memastikan jika bantuan yang telah dikumpulkan dan diberikan benar-benar diterima oleh orang yang sangat membutuhkan. 

Baznas juga telah melakukan berbagai macam program pemberdayaan ekonomi dan memberantas kemiskinan demi membantu masyarakat untuk lebih mandiri dalam hal finansial.

Membuat Surat Permohonan Bantuan Dana ke Baznas

Sebelum kita membahas contoh surat permohonan bantuan dana ke Baznas, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan surat permohonan bantuan ini. 

Jika anda memerlukan bantuan finansial untuk kebutuhan biaya pendidikan, berikut tahapan cara membuat surat permohonan bantuan dana ke Baznas :

  1. Pertama, silahkan buat heading yang diisi oleh nama instansi yang mengirimkan, nomor dan tanggal surfat.
  2. Kemudian terapkan alamat tujuan di sebelah kanan bagian atas pada surat.
  3. Tambahkan subjek surat berisi tujuan dan maksud dibuatnya surat. 
  4. Beri salam pembuka, dan tambahkan pula tujuan surat. 
  5. Lalu isi dengan surat permhonan. Dari sini, anda harus menjelaskan tentang maksud dan kebutuhan melaluli surat permohonan tersebut.
  6. Berikan salam penutup, lalu isi dengan ucapan terima kasih. 
  7. Tanda tangan dan lengkapi dengan status serta nama dari pengirim surat. 

Contoh Surat Permohonan Bantuan Dana ke Baznas

Di bawah ini ada contoh surat permohonan bantuan dana ke Baznas untuk keperluan dana pendidikan anak, antara lain : 

Kepada Yth, 

Baznas kota Bekasi


Assalamu'alaikum wr.wb

Sehubungan adanya kebutuhan finansial keluarga kami khususnya untuk keperluan dana pendidikan anak kami, melalui surat ini kami bermaksud mengajukan permohonan untuk bantuan dana ke Baznas kota Bekasi agar kami senantiasa dapat memenuhi kebutuhan finansial tersebut. 

Kami memohon kepada pihak Baznas kota Bekasi untuk bisa memberikan bantuan keuangan senilai Rp5.000.000,- untuk keperluan tunggakan dana pendidikan anak kami. 

Atas perhatian dan bantuannya, kami ucapkan terima kasih.


Wassalamu'alaikum wr.wb.



Hormat Kami,                                                        



Ahmad Rifa'i



Apa Saja Syarat Untuk Mengajukan Bantuan Dana ke Baznas?

Tapi sebelum anda mengajukan bantuan dana ke Baznas, harus memenuhi syarat apa saja yang sudah ditentukan. Biasanya persyaratan tersebut akan berbeda menyesuaikan jenis bantuan dana yang diperlukan. Berikut syarat-syaratnya 

Kriteria Penerima Dana Bantuan

Setiap lembaga tentu saja membutuhkan kriteria berbeda untuk menentukan orang yang berhak mendapatkan bantuan. Namun sebelum mengajukan, pastikan anda telah memenuhi syarat dan kriteria penerima bantuan sesuai yang ditetapkan Baznas.

Contohnya, untuk menerima dana bantuan zakat, wajib memenuhi syarat menjadi mustahik, yakni orang yang sesuai dengan kriteria penerima dana zakat.

Sementara untuk bantuan yang lainnya, berupa sedekah atau infak, maka kriterianya bisa berbeda. Jadi, pahami kriterianya terlebih dahulu sebelum melanjutkan pengajuan permohonan bantuan dana. 

Syarat Administrasi

Selain Meenachi kriteria, anda yang ingin mengajukan permohonan bantuan dana ke Baznas juga harus memenuhi syarat administrasi. Mencakup beberapa dokumen yang wajib disertakan, yakni kartu keluarga, kartu identitas, dan surat keterangan tidak mampu. 

Pastikan pula untuk mempersiapkan seluruh dokumen yang diperlukan supaya proses pengajuan untuk bantuan dana bisa berjalan sebagaimana mestinya,

Syarat Khusus

Selain itu, ada beberapa macam bantuan yang punya persyaratan khusus tertentu. Contoh, untuk pengajuan bantuan dana pendidikan, sertakan pula bukti keterangan lembaga pendidikan atau bukti pendaftaran.

Apabila anda mengajukan permohonan bantuan dana untuk kesehatan, tambahkan surat keterangan langsung dari dokter. Selain itu, bisa juga berupa hasil pemeriksaan kesehatan. 

Ketahui Kontak Untuk Menghubungi Baznas

Selanjutnya, jika anda sudah tahu apa saja persyaratan yang diperlukan ketahui kontak untuk menghubungi Baznas. Berikut kontak Baznas yang bisa digunakan :

Call Center Baznas

Jika ada yang ingin ditanyakan atau perlu bantuan selanjutnya, hubungi layanan Call Center Baznas. Biasanya nomor call center telah tercantum di situs web Baznas. Kamu bisa menemukannya secara online. 

Untuk selanjutnya, pihak Call Center akan langsung melayani Anda ketika anda memerlukan informasi terkait proses pengajuan permohonan bantuan dana. Mereka juga siap menjawab semua pertanyaan Anda.

Situs Resmi Baznas

Situs resmi Baznas termasuk sumber informasi yang dapat anda gunakan terkait lembaga zakat ini. Anda akan menjumpai beberapa informasi, mengenai nomor telepon, alamat kantor dan juga akun email Baznas. 

Kantor Baznas

Jika ingin lebih jelas, anda juga bisa datang langsung ke kantor Baznas untuk mendapatkan informasi lebih lanjut terkait keperluan anda untuk mengajukan permohonan dana bantuan ke Baznas.

Kenapa Harus Membuat Surat Untuk Permohonan Bantuan Dana ke Baznas?

Membuat surat untuk permohonan bantuan dana ke Baznas sangat penting bagi anda yang membutuhkan, untuk memberitahukan kebutuhan dan tujuan bantuan dana yang anda perlukan. Sehingga pihak terkait pemberi bantuan dapat mempertimbangkannya.

Kesimpulan

Sebelum anda mengajukan surat permohonan bantuan untuk dana pendidikan dengan contoh surat permohonan bantuan dana pendidikan ke Baznas di atas, pastikan sudah memenuhi kriteria dan syarat tertentu. Tujuannya, agar permohonan dana anda disetujui!

Posting Komentar

Posting Komentar